Home / Berita / Kegiatan / Kesehatan

Rabu, 17 Februari 2021 - 15:31 WIB

Mahasiswa KKN UMBY Upayakan Pencegahan Covid Dengan Memberikan Bantuan Alat Sprayer Elektrik Disinfektan Di Dusun Sindet Wukirsari

Yogyakarta, dndsandyra.com – Pandemi Covid-19 mengakibatkan berbagai bidang ikut kena terdampaknya salah satunya adalah pada dusun sindet. Dimana ditempat kami melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dengan diadakannya KKN disitu kami melakukan program penyemprotan disinfektan setiap hari minggu jam 4 sore di dusun sindet.

Proker Alat Semprot merupakan proker yang sudah ditentukan oleh mahasiswa KKN Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) di dusun Sinden. Pemilihan proker ini merupakan wujud antisipasi dan pencegahan Covid 19 di dusun Sindet. Kegiatan ini juga berdasarkan atas keputusan bersama mahasiswa KKN dan kepala dusun Sindet. Kegiatan ini merupakan salah satu instruksi dari pemerintahan terkait dengan protokol kesehatan yaitu dengan penyemprotan disinfektan.

Dalam program ini penyemprotan desinfektan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UMBY tentunya sudah mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan pada saat penyemprotan disinfektan di dusun Sindet yang sebelumnya sudah ada koordinasi dari ketua RT.

Manfaat penyemprotan disinfektan ini, salah satu agar masyarakat terhindar dari wabah Covid 19, mengurangi korban penyakit Covid 19, menghindar kematian dan menghilangkan bakteri pada permukaan benda dengan dosis yang telah ditentukan.

Tujuan dibuatnya artikel ini yaitu untuk memenuhi persyaratan dalam pelaksanaan KKN bersama melawan Covid-19 di dusun Sindet, Desa Wukirsari. Dan selain itu juga untuk menjelaskan kepada warga di dusun sindet dampak pandemic covid-19 bagi warga setempat.

Baca Juga :   KKN PPM Kelompok 12 UMBY Upayakan Pencegahan Covid 19 Di Dusun Surobayan

Pada tanggal 13 Februari 2021 kami pergi membeli alat sprayer elektrik desinfektan di Jl. Kyai Mojo No. 20, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta. Kemudian setelah sampai di tempat pembelian alat sprayer elektrik langsung kami mengecek kelengkapan dan mengetes langsung dengan mengisi air biasa. Pada saat waktu pengetesan semua berjalan dengan normal, dari mode elektrik sampai menual tidak ada kendala apapun dan semua berjalan normal.

Pada keesokan harinya pada tanggal 16 februari 2021 kami langsung mengantar sprayer elektrik ke dusun sindet tersebut, tepat pada hari minggu pagi pukul 08.00 pm, kami anggota KKN mulai melakukan penyemprotan desinfektan, Air pun diisikan dengan penuh dan takaran racun pun di campurkan hingga tangki penuh, penyemprotan tersebut kami lakukan di pekarangan rumah warga dusun sindet setempat.

Setelah minggu pertama kami melakukan penyemprotan di minggu kedua kami juga melakukan penyemprotan lagi di dusun sindet, hal yang kami lakukan sebelum menyemprot yaitu mengisi air ke dalam semprot dan menambahkan cairan desinfektan dari bagian hingga penuh.

Baca Juga :   Edukasi Pentingnya Persiapan Masuk SD Dari Tinjauan Psikologi

Ketika kami mulai menyemprot pekarangan rumah warga sindet ternyata ada Air yang terus mengalir tanpa henti dari bagian atas alat semprot, padahal tutupnya sudah dipasang dengan rapat. Oleh karena itu, penyemprotan pun dihentikan kemudian dilanjutkan dengan pengecekan masalah tersebut. Setelah pengecekan ternyata ini seperti kegagalan produk, sebab lubang kebocoran nya terlihat rapi. Jadi, bukan karena terjatuh atau rusak karena pemakaian.

Selanjutnya kami melakukan pembelian alat untuk mengganti bagian yang rusak. Setelah alat pengganti yang kami beli lalu salah satu teman kami melakukan pemasangan alat semprot yang mengalami rusak supaya setelah mengisi air kedalam nya tidak mengalami bocor lagi. Setelah diperbaiki pada bagian yang rusak selanjutnya kami melakukan penyemprot lagi di dusun sindet tersebut selesai.

Source : dndsandyra.com
Penulis : Fadia Aqilla Irawan dan Nur Cholis Anggoro
Editor : DnD

Share :

Baca Juga

Sharing Session dan Makrab HIMATEPA

Berita

Tumbuhkan Motivasi Mahasiswa, Himatepa UMBY Adakan Sharing Session dan Makrab
Acara Penyambutan Maba dan IGTC PMat FKIP

Berita

HIMATIKA UMBY Gelar Penyambutan Maba dan IGTC
Rindiani Mahasiswa BK UMBY Best Paper

Berita

Mahasiswa BK UMBY Peraih Predikat Best Paper dalam “International Youth Conference 2021”
PkM Pengembangan Instrumen Online UMBY

Berita

Bantu Guru Deteksi Kondisi Siswa, UMBY Kembangkan Instrumen Online Di MBS Pleret
mengenal profesi arsiparis

Berita

Melihat Peluang Profesi Arsiparis di Era Teknologi Informasi
webinar fti umby series international pm preparation

Berita

Ingin Jadi Project Manager Yang Kompeten ? Apa Saja Yang Harus Disiapkan
webinar ojs

Berita

Tingkatkan Pengelolaan Jurnal, UMBY Kirim Dosen Mengikuti Workshop
Poster SMAI 2021 FTI UMBY

Berita

FTI UMBY Akan Mengadakan Seminar Nasional Multimedia & Artificial Intelligence (SMAI) 2021