Home / Berita / Kegiatan / Pemberdayaan

Kamis, 14 Oktober 2021 - 07:14 WIB

Tim PkM UMBY Berdayakan Kelompok Ternak Itik Di Dusun Samben

Yogyakarta, dndsandyra.com – Tim Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat di dusun Samben, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta, dengan melakukan pelatihan produksi dan pemasaran abon kepada kelompok peternak itik Boga Antik Mulya.

Pelatihan ini dilakukan oleh Tim PkM UMBY yang terdiri dari, Dr. Ir. Sundari, MP., Drh. A Mamilisti Susiati, MP., dan Nugraeni, SE, M.Sc, CRMP. Selain itu dalam pelatihan ini juga melibatkan 5 mahasiswa prodi peternakan sebagai latihan dan pengayaan materi, yaitu Rohiman Syah Putra, Abdul Basid, Muh Tomi Susilo, Ferdian Panji Saputra dan Abi Bagas.

“Pelatihan dan penyuluhan produksi ini bertujuan agar kuantitas dan kualitas produk karkas/daging yang lebih sehat rendah kolesterol dan variasi produk dengan pembuatan Abon fungsional dari daging itik rendah kolesterol dengan nanokapsul jus kunyit, sehingga nantinya dapat meningkatkan nilai penjualan dan pendapatan peternak” kata ketua PkM UMBY, Dr. Ir. Sundari, MP. yang pada hari Minggu (26/9/2021).

Baca Juga :   Melalui PKKMB, BEM FTI Ajak Mahasiswa Baru Menjadi Sociopreneur Berbekal Teknologi

Saat ini, masyarakat sudah mulai beralih memilih produk yang berkualitas (bukan lagi kuantitas), mulai ngetren kuliner daging itik yang berlemak/kolesterol rendah, juga makanan fungsional. Soal harga bukanlah menjadi persoalan utama. Ini menjadi tantangan baru bagi industri peternakan, karena daging itik memiliki kelemahan seperti rendahnya tingkat perdagingan dengan kandungan lemak yang tinggi (terutama lemak bawah kulit, plus sedikit bau apek) jika dibandingkan dengan ayam pedaging.

Baca Juga :   KKN Universitas Mercu Buana Yogyakarta Sosialisasikan Pencegahan Covid-19 Di Dusun Sindet Wukirsari

Kandungan lemak pada itik yaitu 8,2%, angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan ayam pedaging yaitu 4,8%, maka diperlukan suatu inovasi produksi itik agar mampu menghasilkan kuantitas dan kualitas daging yang lebih baik agar diterima oleh konsumen.

Kegiatan pelatihan di awali dengan penjelasan pembuatan abon itik yang dicuring nanokunyit oleh Dr. Ir. Sundari, MP., dilanjutkan dengan pendampingan biosekurity, sanitasi dan kesehatan ternak disampaikan oleh Drh. A Mamilisti Susiati, MP.

Selain itu, untuk menambah wawasan dan keterampilan bagi peternak untuk berwirausaha, juga diberikan pelatihan manajemen usaha dan pemasaran on-line yang diberikan oleh Nugraeni, SE, M.Sc, CRMP.

Source : dndsandyra.com
Editor : Widarta

Share :

Baca Juga

hidroponik kkn 60

Berita

Manfaatkan Lahan Sempit Mahasiswa KKN UMBY 60 Ajak Masyarakat Di Dusun Penjalin Gunakan Hidroponik dan Aquaponik
Opening Ceremony BCTN 2.0 Hacklab Rocks

Berita

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital, Hacklab Rocks Gelar Event BCTN 2.0 “Tumbuh”
instagram gelangku idi

Berita

Peran Teknologi Terhadap Perkembangan Ekonomi Digital
webinar fikomm mbkm

Berita

Implementasi MBKM : Tantangan, Tata Kelola, dan Kesiapan Industri
Selektif Memilih Aplikasi Pembelajaran

Berita

Selektif Memilih Aplikasi Pembelajaran
webinar iot hmpsti fti umby 2021

Berita

HMPSTI UMBY Adakan Webinar Bahas Implementasi IOT di Era Society 5.0
tradisi adu kepala ntumbu bima ntb

Berita

Mengenal Tradisi Mpa’a Ntumbu di Bima NTB
sosialisasi kkn 34 umby

Berita

Mahasiswa KKN PPM UMBY 34 Sosialisasikan Cara Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Anak