Psikologi Launching HEMPAS

Komunitas Go Giver Psikologi UMBY Launching Trainer Sebaya HEMPAS

Yogyakarta, dndsandyra.com – Komunitas Go Giver Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan launching kegiatan baru, yaitu trainer sebaya (peer training) dari dan untuk mahasiswa Psikologi, dengan tema “Hentikan Emosi Negatif Pastikan Atasi Stress (HEMPAS)”.

Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom pada Sabtu (9/10/2021), dan dihadiri kurang lebih 75 mahasiswa baru fakultas psikologi UMBY Angkatan 2021 dan 20 peer trainer yang juga merupakan mahasiswa angkatan sebelumnya.

Kegiatan ini di launching dengan tujuan untuk mempersiapkan mental peserta yang merupakan mahasiswa baru fakultas Psikologi UMBY dalam menapaki perannya sebagai mahasiswa, terutama dalam melakukan strategi coping terhadap stress.

Selain itu juga dijadikan sebagai wadah wadah untuk mempertemukan antara trainer (mahasiswa angkatan sebelumnya) dengan peserta (mahasiswa baru Psikologi UMBY Angkatan 2021) serta pembekalan awal terkait teknis kegiatan. Selanjutnya trainer dan maba akan menyepakati waktu untuk melakukan kegiatan training dengan tema tersebut.

Kegiatan launching trainer sebaya diawali dengan pembukaan oleh Hendrikus Tri Jatmiko selaku MC kegiatan, dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Kondang Budiyani, M.A., Psikolog selaku kaprodi S1 Psikologi UMBY.

Dalam sambutannya Kondang menyampaikan, “Bahwa kegiatan ini merupakan bentuk aplikasi nyata dari matakuliah psikologi pelatihan. Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa nantinya akan mendapatkan berbagai bekal, softskill yang bermanfaat, baik saat berstatus sebagai mahasiswa maupun setelah lulus nantinya.”

Peer trainer dan para peserta terlihat begitu antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan sampai selesai. Hal ini terlihat dari diskusi intens antara peer trainer dengan peserta di breakoutroom untuk melakukan penjadwalan training per kelompok.

Nanda Yunika Wulandari, M.Psi., Psikolog, selaku pembimbing komunitas Go Giver, menjelaskan, “bahwa terdapat tahapan yang dilakukan oleh tim Go Giver hingga kegiatan ini dapat terwujud. Dari kegiatan publikasi rekrutmen trainer sebaya, proses seleksi, dan pembekalan Training Of Trainer (TOT).”

“Animo mahasiswa senior untuk turut ambil bagian dalam kegiatan ini cukup besar. Hal tersebut dilihat dari banyaknya mahasiswa angkatan sebelumnya yang mendaftar dan mengikuti proses seleksi dengan ketat hingga didapatkan 20 peer trainer. Selanjutnya per trainer terpilih akan diberikan TOT sebagai bekal untuk mendampingi adik-adiknya.” imbuhnya lagi.

Source : dndsandyra.com
Editor : Widarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.