Kunjungan Industri Prodi Peternakan UMBY

Tambah Wawasan Mahasiswa, Prodi Peternakan UMBY Lakukan Kunjungan Industri ke KJUB Puspetasari Klaten

Yogyakarta, dndsandyra.com – Kunjungan Industri merupakan suatu kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Peternakan, Fakultas Agroindustri, Universitas Mecu Buana Yogyakarta (UMBY).

Kunjungan industri dilakukan dengan mengunjungi sebuah perusahaan berskala nasional maupun internasional yang menjadi contoh kegiatan atau gambaran pekerjaan yang akan dilakukan oleh mahasiswa pasca lulus menjadi Sarjana Peternakan atau sebelum mereka melaksanakan magang kerja perusahaan (MKP).

Kegiatan ini dilaksanakan pada perusahaan industri pakan ternak Koperasi Jasa Usaha Bersama (KJUB) Puspetasari Klaten, Jawa Tengah.

Kunjungan industri ini dlaksanakan dalam rangka pengkayaan ilmu pegetahuan dan wawasan dalam bidang nutrisi ternak dan industri pakan ternak, yang terdapat pada mata kuliah Praktikum Bahan Pakan Formulasi Ransum, Nutrisionist dan insrumentasi peternakan. Mata kuliah tersebut diampu oleh tim teaching yaitu Dr. Ir. Sundari, MP., dan Ir. Ajat Sudrajat, S.Pt., M.Pt.,IPP.

Kegiatan kunjungan industri dimulai dari penerimaan mahasiswa dan penjelasan mengenai profil perusahaan oleh tim dari perusahaan di meeting room.

Acara dibuka oleh Tata selaku kepala bagian Humas Koperasi Jasa Usaha Bersama (KJUB) Puspetasari, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan profil perusahaan oleh Taufik, S.Pt. selaku bagian formulator dan Bayu, S.Pt., selaku supervisor marketing yang juga merupakan alumni Prodi Peternakan UMBY yang lulusan tahun 2017. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pengenalan area perusahaan dan seluruh devisi/unit usaha.

Dalam sambutannya, Taufik, S.Pt., mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari Prodi Peternakan UMBY yang hampir setiap tahun melakukan kunjungan industri ke KJUB Puspetasari.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, sehingga kami dapat menjaga komitmen dan sangat terbuka untuk selalu berbagi ilmu, sesuai dengan tujuan dan amanah dari pendiri perusahaan. Semoga dengan adanya kunjungan industri ini dapat memberikan manfaat kepada para mahasiswa,” tutur Taufik.

Dr. Ir. Sundari, MP., selaku dosen pengampu dan pendamping kuliah industri menyampaikan, bahwa kunjungan industri ini bertujuan untuk melatih mental mahasiswa agar mereka bisa bekerja dengan situasi dan kondisi apapun.

“Dengan adanya kunjungan industri diharapkan mahasiswa bisa menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan perusahaan atau dunia kerja dan juga dapat menambah berbagai ilmu pengetahuan tentang dunia industri,” tutur Sundari.

“Dalam kunjungan industri, mahasiswa diberikan gambaran mengenai pekerjaan di bidang peternakan dan  apa yang harus dilakukan dalam dunia kerja, selai itu mahasiswa juga diberikan gambaran mengenai peluang usaha di bidang peternakan yang sangat luas dan menjanjikan,” imbuh Ajat.

Source : dndsandyra.com
Editor : Naf’iyatul Muflihah Annasihah

Leave a Reply

Your email address will not be published.