roadshow umby kominfo gerakan 1000 startup digital

Adakan Roadshow, UMBY Dukung Gerakan 1000 Startup Digital

Yogyakarta, dndsandyra.com – Tim Inkubator Bisnis Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bersama Gerakan Nasional 1000 Startup Digital mengadakan Roadshow bertemakan “Membangun Negeri Sejuta Potensi”. Roadshow ini diselenggarakan secara virtual melalui platform Zoom pada Sabtu (11/09/21) pukul 10.00–12.05 WIB.

Acara ini dihadiri secara langsung oleh Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., MM selaku Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Perwakilan Asosiasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY, dan Perwakilan Dinas Pendidikan dan Olahraga DIY.

Diskusi panelis Roadshow Webinar dimoderatori oleh Azfa Mutiara Ahmad Pabulo selaku Koordinator Inkubator Bisnis UMBY, dengan narasumber antara lain Awan Santosa selaku Kepala Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama (P3MK) UMBY, Erdiawan Anna selaku Co-Manager Google Developer Group Yogyakarta, Anissa Swastika selaku Founder & CEO I-Tallenta, dan Ray Rezky Ananda selaku Founder Bantu Ternak.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, telah mendeklarasikan visi “Indonesia Digital Nation 2025” dengan salah satu target transformasi digital dengan mencetak 5000 startup.

Sejalan dengan visi tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama dengan para penggerak ekosistem digital, menginisiasi “Gerakan Nasional 1000 Startup Digital” dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah kewirausahaan ekonomi digital di Indonesia.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan langkah awal untuk menciptakan masa depan ekonomi digital Indonesia. Gerakan ini ingin menciptakan banyak perusahaan rintisan berbasis digital yang akan mentransformasi Indonesia menjadi negara maju dengan anak muda sebagai motor penggeraknya.

Yogyakarta dapat dijadikan sebagai ekosistem yang baik bagi perkembangan dunia startup digital. Ada banyak potensi yang bisa dikembangkan mulai dari sisi pariwisata, mahasiswa dan UMKM. Namun, mahasiswa sebagai penggerak startup digital membutuhkan suatu pemikiran yang unlinier dan keberanian untuk menciptakan inovasi yang upnormal. Untuk itu, perlu kolaborasi yang strategis antara mahasiswa, perguruan tinggi, pelaku usaha, stakeholder dan pihak penunjang lainnya.

Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., MM menyampaikan bahwa, “Sebagai upaya mempercepat perkembangan dunia startup digital di lingkungan Perguruan Tinggi, Inkubator Bisnis UMBY hadir dan berperan sebagai wadah bagi mahasiswa yang mempunyai ide-ide inovatif dalam bidang startup digital. Harapannya kolaborasi dan sinergi ini mampu mendorong mahasiswa berpikir kreatif dan meningkatkan ekosistem startup digital, sehingga dapat turut andil dalam pembangunan ekonomi digital di Indonesia.”

Source : dndsandyra.com
Editor : Widarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.