Home / Berita / Pemberdayaan

Kamis, 26 Agustus 2021 - 13:02 WIB

Manfaatkan Lahan Sempit Mahasiswa KKN UMBY 60 Ajak Masyarakat Di Dusun Penjalin Gunakan Hidroponik dan Aquaponik

Yogyakarta, dndsandyra.com – Pertanian merupakan sumber pendapatan di dusun Penjalin, kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Hasil-hasil pertaniannya meliputi padi, jagung, kedelai dan cabai. Sayangnya belum ada warga yang membudidayakan tananaman secara hidroponik dan aquaponik, padahal media tanam ini bisa menjadi solusi bagi warga yang ingin membudidayakan tanaman tetapi tidak memiliki lahan.

Dari permasalahan tersebut, sehingga mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kelompok 60, berinisiatif untuk melakukan sosialisasi bidang pertanian Hidroponik dan Aquaponik dalam skala kecil.

Warga masyarakat sangat antusias sekali dalam mengikuti sosialisi ini, hal ini dapat dilihat dari banyaknya perwakilan RT yang hadir dan aktif terutama saat sharing diskusi.

Baca Juga :   HIMABIKO Ajak Mahasiswa Baru UMBY Menjadi Agen Perubahan

Hidroponik adalah salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah, dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman. Sedangkan Aquaponik sistem pertanian berkelanjutan yang mengkombinasikan aqua kultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik.

“Keuntungan dari penggunaan Aquaponik selain dapat membudidayakan tanaman juga dapat membudidayakan lele dalam satu wadah, dalam sistem aquaponik tidak membutuhkan pupuk hanya memanfaatkan kotoran lele sebagai nutrisi untuk proses pertumbuhan” ujar Hendika saat pemaparan materi.

Selain itu Safyani mengungkapkan bahwa “hidroponik bisa menjadi solusi bagi warga yang memiliki lahan sempit, dan memanfaatkan limbah bekas seperti botol bekas”.

Baca Juga :   Mengenal Tradisi Mpa’a Ntumbu di Bima NTB

Dalam sharing season berlangsung warga juga bertanya, “apa saja tanaman yang dapat ditanam pada media aquaponik dan hidroponik” ujar salah satu warga.

“Tanaman yang dapat ditanam yaitu selada, bayam, sawi, kangkung, dan tanaman yang masa panennya 1 bulan lebih” jawab Hendika.

Nanang Kuzaini, S.Pd.Si., M.Pd., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN UMBY Kelompok 60 juga berharap sosialisasi ini dapat membantu warga menambah wawasan dan informasi baru di bidang pertanian, di samping itu mahasiswa dapat menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa sebagai bekal ke depannya.

Source : dndsandyra.com
Penulis : Bayu Praktiknyo
Editor  : Widarta

Share :

Baca Juga

webinar fti umby series sharing experience pm

Berita

Webinar FTI UMBY, Sharing Experience With ICT Project Manager
webinar fti umby series international pm preparation

Berita

Ingin Jadi Project Manager Yang Kompeten ? Apa Saja Yang Harus Disiapkan
fgd industri x kampus

Berita

ADITIF dan FTI UMBY Selenggarakan Forum Bahas Integrasi MBKM Antara Perguruan Tinggi dan Industri
bimbel kkn 10 umby

Berita

Ing Ngarsa Sung Tuladha Sebagai Landasan Program Kerja Pendidikan Dalam Mencerdaskan Aset Bangsa
welcoming maba fikomm 2021

Berita

Welcoming Mahasiswa Baru UMBY dan PKKMB FIKOMM 2021
Bantuan Buku FKIP ke MTs Muhammadiyah Ponjong

Berita

Jalin Sinergi, Tingkatkan Literasi, FKIP UMBY Sumbang Buku ke MTs Muhammadiyah Ponjong
kegiatan pembelajaran kkn 12

Berita

Mahasiswa KKN UMBY Kelompok 12 Ciptakan Rumah Belajar Untuk Anak Di Dusun Surobayan
PkM Jamu Tradisional UMBY

Berita

PkM UMBY Berdayakan Kelompok Usaha Jamu Tradisional di Dusun Watu