Home / Berita / Edukasi / Kegiatan

Rabu, 29 September 2021 - 07:13 WIB

Edukasi Pentingnya Persiapan Masuk SD Dari Tinjauan Psikologi

Yogyakarta, dndsandyra.com – Dosen Universitas Mercu Yogyakarta (UMBY) yaitu Arita Witanti S.T.,M.T dan Dr. Triana Noor Edwina D S, M.Si, Psikolog., melakukan rangkaian pengabdian masyarakat di TKIT Mekar Insani Minggiran Yogyakarta dengan memeberikan edukasi dengan mengangkat tema “Persiapan Belajar anak PAUD ke jenjang SD : Tinjauan Psikologis”.

Kegiatan ini juga merupakan program lanjutan dari tahun sebelumnya (tahun ajaran 2020/2021), dengan memberikan pembekalan aplikasi pendukung pembelajaran online, dengan pemateri Arita Witanti S.T., M.T. (dosen Program Studi Informatika UMBY).

Sedangkan untuk kegiatan kali ini, diberikan edukasi tentang pentingnya persiapan masuk SD dari tinjauan psikologis, dilakukan oleh Triana Dr. Noor Edwina Dewayani Suharto M.Si, Psikolog., dan menggandeng Praktisi Pendidikan Wahyuthin Nafi’atul Firdaus, ST., M.Psi. (Alumni Magister Psikologi UMBY).

Baca Juga :   Mahasiswa KKN UMBY 16 Berikan Edukasi Pembuatan Silase Pada Peternak Di Dusun Tanjung

Kegiatan ini terselenggara atas Kerjasama TKIT Mekar Insani Minggiran, Tim Pengabdian Masyarakat UMBY, serta Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kemantren Mantriijeron.

Kegiatan seminar online ini dilaksanakan pada hari Sabtu (25/9/2021) melalui media zoom meeting, dan diikuti oleh 32 peserta dari TKIT Mekar Insani Minggiran Yogyakarta.

Peserta sangat antusias sekali mengikuti kegiatan ini, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dajukan selama seminar. Sehingga yang awalnya hanya dijadwalkan dari pukul 09.00 sampai 10.30 WIB, baru berakhir pada pukul 11.00 WIB.

Kegiatan seminar tinjauan psikologis ini, dilakukan untuk menjawab keresahan yang dihadapi orang tua maupun guru TK. Apalagi memiliki anak atau peserta didiknya akan masuk SD. Hal ini terjadi karena di SD sudah dibutuhkan kemampuan baca, tulis dan berhitung (calistung). Sedangkan jika di PAUD, kemampuan ini bukan menjadi keharusan.

Baca Juga :   FE UMBY Tanda Tangani MoU MBKM dengan FEBI IAIN Pekalongan

Pada kesempatan ini , Dr. Edwina juga menyapaikan perlunya menyiapkan aspek aspek perkembangan sebelum menyiapkan kemampuan calistung.

“Aspek perkembangan ini kerapkali tidak diperhatikan meliputi aspek motorik atau ketrampilan gerak fisik, kognitif atau kemampuan berfikir, aspek sosial-emosional atau keterampilan meregulasi emosi, serta aspek kemandirian atau berusaha melakukan sendiri tanpa bantuan.” paparnya.

Source : dndsandyra.com
Editor : Widarta

Share :

Baca Juga

PKKMB HIMABIKO UMBY

Berita

HIMABIKO Ajak Mahasiswa Baru UMBY Menjadi Agen Perubahan
webinar fikomm mbkm

Berita

Implementasi MBKM : Tantangan, Tata Kelola, dan Kesiapan Industri
Pelatihan UMBY budidaya ayam kampung

Berita

Pengabdian UMBY, Berdayakan Kelompok Ternak Ayam Kampung Di Sumberarum
sosialisasi mbkm informatika umby

Berita

Informatika UMBY Sosialisasikan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Ke Mahasiswa
roadshow umby kominfo gerakan 1000 startup digital

Berita

Adakan Roadshow, UMBY Dukung Gerakan 1000 Startup Digital
workshop fe umby dan febi iain pekalongan

Berita

Kolaborasi Dengan FEBI IAIN Pekalongan, FE UMBY Adakan Workshop Publikasi Karya Ilmiah
gotong royong kkn 34 umby

Berita

Peduli Lingkungan Mahasiswa KKN UMBY 34 Lakukan Gotong Royong
ICEST 2021 IST Akprind

Berita

IST Akprind Yogyakarta Sukses Gelar Seminar Internasional ICEST 2021