Workshop HMPS TI Security

HMPS TI UMBY Adakan Workshop Security for Z Generation

Yogyakarta, dndsandyra.com – Saat ini hampir semua aktifitas yang dilakukan masyarakat tidak bisa lepas dari penggunaan teknologi misalnya seperti bisnis, belajar, bekerja, dan lain sebagainya. Kemudahan yang ditawarkan merubah cara melakukan bisnis, belajar, maupun kegiatan lainnya. Tetapi dibalik kemudahan yang ditawarkan tersebut, tentunya ada dampak negatif yang ditimbulkan terhadap keamanan data seperti maraknya penipuan untuk mendapatkan data pribadi atau phising.

Untuk memberikan pengertian dan kesadaran mengenai pentingnya melindungi data pribadi tersebut, Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (HMPS TI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan workshop bertajuk “Workshop & I Security for Z Generation” pada hari Sabtu (27/11/2021). Kegiatan ini dihadiri kurang lebih sebanyak 200 peserta dari kalangan mahasiswa UMBY dan Perguruan Tinggi (PT) lainnya.

Workshop ini menghadirkan pembicara yakni Yudhistira Yongki Korniawan Budiman, S.Kom., M.Cs. yang merupakan senior security engineer di PT Kode Keamanan Indonesia.

Acara workshop dibuka oleh M.Abdurozik selaku Master of Ceremony (MC), dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana oleh Sri Rahayu, sambutan kepala Program Studi oleh Mutaqin Akbar, S.Kom., M.T., MCE., dan sambutan Dekan FTI UMBY oleh Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng., MCE. sekaligus membuka acara workshop.

Dengan dipandu Septina Choirunisa selaku moderator, Yudhistira menjelaskan mengenai pentingnya pemahaman mengenai keamanan informasi serta bagaimana cara melindungi data pribadi saat menggunakan internet.

“Perlindungan data pribadi saat menggunakan internet sangat penting untuk menghindari kebocoran data dan mencegah terjadinya kejahatan siber” jelas Yudhistira.

“Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalkan resiko pencurian data tersebut antara lain seperti penggunaan password yang sulit ditebak, selalu waspada terhadap tautan phising, selalu berhati-hati dalam menggunakan wifi publik, dan menggunakan mode private atau incognito di browser” imbuh Yudhistira lagi.

Maulana selaku penitia workshop  juga sangat bersyukur, karena peserta sangat antusias sekali dalam mengikuti acara workshop, dan melebihi target peserta yang diharapkan.

“Semoga materi yang disampaikan dapat bermanfaat dan dapat meningkatkan kesadaran peserta workhsop mengenai pentingnya keamanan informasi” imbuh Sri.

“Materi yang disampaikan narasumber cukup seru dan pembawaan juga santai. Saya bersyukur dan senang karena sedikit banyaknya bisa memahami pentingnya menjaga informasi pribadi dan bisa menjadi bekal yang berguna,” ujar Cindy salah satu workshop.

Source : dndsandyra.com
Editor : DnD

Leave a Reply

Your email address will not be published.