Pelatihan teknologi pakan Peternakan UMBY 2021

Pengabdian Prodi Peternakan UMBY, Berdayakan Kelompok Ternak di Banyusidi Magelang Jawa Tengah

Yogyakarta, dndsandyra.com – Tim Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bekerjasama dengan BAPEDA Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah, mengadakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Banyusidi Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang, dengan melakukan pelatihan dan pengenalan manajemen pemeliharaan ternak domba, teknologi pakan, pengolahan limbah dan penerapan bioteknologi reproduksi kepada kelompok ternak Berkah Makmur.

“Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai teknologi tepat guna yang murah dan mudah diaplikasikan di lapangan serta dapat melatih keterampilan anggota kelompok ternak supaya dapat memelihara ternak domba dengan baik, sehat dan menguntungkan.” ujar Ir. Ajat Sudrajat, S.Pt., M.Pt., IPP. pada Selasa (28/9/2021).

Dijelaskan, pelatihan ini dilakukan oleh Tim PkM prodi Peternakan UMBY yang terdiri dari, Ir. Ajat Sudrajat, S.Pt., M.Pt., IPP., Ir. Nur Rasminati, MP., Ir. Setyo Utomo MP., Dr. Ir. Sri Hartati Candra Dewi, M.Si., dan Ir. Niken Astuti, MP.

Kegiatan pelatihan di awali dengan penjelasan cara pembuatan pakan fermentasi dengan teknologi silase oleh Ir. Niken Astuti, dilanjutkan dengan penjelasan manajemen dan aplikasi bioteknologi reproduksi berupa inseminasi buatan pada domba garut dan domba batur/wonosobo, penampungan semen dan deteksi kebuntingan.

“Kami senang dan berharap kegiatan semacam ini bisa dilanjutkan untuk tahun-tahun berikutnya, karena kami mendapatkan gambaran baru mengenai usaha/bisnis serta penerapan bioteknologi reproduksi pada ternak domba,” ujar salah satu peserta.

Selanjutnya diadakan juga pelatihan mengenai pengolahan limbah peternakan domba, yang dijelaskan oleh Dr. Ir. Sri Hartati Candra Dewi.

Menurut Ir. Nur Rasminati, MP., ternak domba merupakan salah satu komoditas yang sangat prospektif dan mempunyai nilai jual cukup tinggi. Karena kebutuhan ternak domba sangatlah tinggi, baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini kelompok ternak Berkah Makmur dapat menerapkan manajemen pemelihaan yang baik sehingga produktivitas ternak domba dikelompok Berkah Makmur ini dapat meningkat dan dapat menambah penghasilan anggota kelompok.” tambahnya lagi.

Source : dndsandyra.com
Editor : Widarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.