Home / Berita / Kegiatan

Jumat, 24 September 2021 - 18:18 WIB

Melihat Peluang Profesi Arsiparis di Era Teknologi Informasi

Yogyakarta, dndsandyra.com – Apa itu arsiparis ? mungkin sebagian akan berpikir bahwa arsip itu sangat lekat dengan dokumen kuno yang perlu dilestarikan, atau ada yang menganggap bahwa seorang arsiparis itu hanya sebagai penata buku. Apakah demikian ?

Untuk mengenal lebih jauh mengenai profesi arsiparis, pada hari Jumat (24 September 2021) TIM eCampuz mengadakan webinar dengan tajuk “Mengenal Profesi Arsiparis di Era Teknologi Informasi” dengan pemateri Lastria Nurtanzila, S.I.P., M.P.A., yang juga seorang dosen Program Studi Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada.

Acara tersebut berlangsung selama 2 jam tepatnya pada pukul 14.00 – 16.00 WIB melalui Zoom Video Conference dan ditayangkan dalam channel Youtube eCampuz Official.

Acara webinar diawali dengan penjelasan mengenai apa itu kearsipan, dan profesi arsiparis, peluang profesi arsiparis di Indonesia, dan tantangan di era teknologi, serta sharing session.

Kearsipan adalah keilmuan tentang pengelolaan dokumen/arsip/rekaman informasi pada suatu organisasi.

Baca Juga :   Prodi Pendidikan Matematika UMBY Kirimkan Mahasiswa Ikuti Kompetisi Micro Teaching

Kearsipan ini berdiri di dua kaki, satu kaki di manajemen publik dan sejarah. Ada kaitannya karena di Indonesia pengelolaan kearsipan tidak hanya arsip yang sudah lampau atau statis (mengandung nilai sejarah), dan arsip dinamis yaitu arsip yang digunakan sehari-hari (surat, laporan, dan lainnya). Atau saat ini biasa juga disebut dengan dokumen.

Jika di luar negeri penanganan arsip dibagi menjadi dua bagian, untuk arsip statis profesinya dinamakan archivist (arsiparis) sedang untuk arsip dinamis profesinya dinamakan record manager. Tetapi di Indonesia profesi arsiparis tidak hanya menangani masalah arsip statis, tapi juga arsip dinamis.

Arsiparis merupakan profesi dari orang yang memiliki kompetensi di bidang kearsipan atau pendidikan khusus kearsipan atau pelatihan. Dengan kata lain, walaupun tidak memiliki background pendidikan kearsipan, tapi bekerja menjadi record manager/arsiparis dan mendapatkan bimbingan teknis tentang kearsipan juga bisa disebut arsiparis.

Baca Juga :   KKN Universitas Mercu Buana Adakan Kegiatan Posyandu Dan Pembagian Bibit Sayuran Dan Buah-Buahan Di Tilaman

Dalam pemaparannya Lastria menyampaikan bahwa “Saat ini peluang profesi arsiparis tidak hanya sebagai aparatur sipil negara (ASN), karena setiap organisasi yang melakukan kegiatan admnitrasi pasti akan mengelola arsip, biasanya diberi nama arsiparis/record manager/staf administrasi. Semua profesi tersebut pada dasarnya memiliki tanggung jawab sama, yaitu bertanggung jawab terhadap pengelolaan arsip. Jadi peluang bagi profesi arsiparis saat ini sangat banyak sekali dibutuhkan.”

“Sedangkan tantangan arsiparis di era digital/teknologi informasi, salah satunya adalah memastikan keabsahan dari dokumen digital, karena arsiparis tidak hanya melakukan pengarsipan dokumen fisik tapi juga dituntut untuk melakukan pengarsipan dokumen digital. Selain itu tantangan yang lainnya seperti beralihnya dokumen fisik menjadi paperles, efisiensi administrasi, otomasi perkantoran, dan penggunaan cloud storage dalam penyimpanan arsip.” tambahnya.

Source : dndsandyra.com
Editor : DnD

Share :

Baca Juga

silase kkn 16 umby

Berita

Mahasiswa KKN UMBY 16 Berikan Edukasi Pembuatan Silase Pada Peternak Di Dusun Tanjung
Kegiatan Kel 18 KKN UMBY

Berita

Dorong Kreatifitas dan Semangat Hijau Bercuan, KKN Arjuna (18) Ajak Remaja Pongangan Belajar Vertikultur
Pelatihan teknologi pakan Peternakan UMBY 2021

Berita

Pengabdian Prodi Peternakan UMBY, Berdayakan Kelompok Ternak di Banyusidi Magelang Jawa Tengah
compeny visit akuntasi umby

Berita

Company Visit UMBY, Mendidik Mahasiswa jadi Entrepreneur
Rindiani Mahasiswa BK UMBY Best Paper

Berita

Mahasiswa BK UMBY Peraih Predikat Best Paper dalam “International Youth Conference 2021”
Kegiatan pemasangan banner KKN UMBY di padukuhan Tilaman

Berita

Kegiatan Pemasangan Banner, Poster Covid, & Publikasi Informasi Melalui Instagram @kkn19_umby
umby angudi mulyaning bangsa

Berita

Angudi Mulyaning Bangsa, Sebuah Refleksi Dari Probosutedjo
pendampingan master plan it smk maarif 1 temon

Berita

FTI UMBY Dampingi Pengembangan Master Plan IT Di SMK Ma’arif 1 Temon