Prodi BK Fasilitasi Self Growth Class

Dorong Pengembangan Diri, BK UMBY Fasilitasi Mahasiswa Dengan Self-Growth Class

Yogyakarta, dndsandyra.com – Dalam rangka memfasilitasi mahasiswa dalam melakukan pengembangan diri secara optimal, baik secara akademik maupun non akademik, Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) selalu berupaya untuk mendorong mahasiswa untuk mengikuti organisasi sebagai wadah aktualisasi dan berkontribusi.

Sebagai bentuk kepedulian dan menfasilitasi mahasiswa tersebut, prodi BK UMBY menginisiasi program kelas pengembangan diri “Self-Growth Class”, yang rutin dilaksanakan 1 bulan sekali ini dengan menghadirkan mentor dari internal maupun ekternal prodi. Selain itu, dalam pelaksanaan program juga berkolaborasi dengan HMPS BK UMBY.

Kegiatan yang dilaksanakan secara online pada Minggu (31/10/2021), menghadirkan Risma Yulita Sundawa (alumni Graduate School of Engineering, Hokkaido University, Jepang) sebagai narasumber utama.

Dengan dipandu St. Nofriani Ghea selaku moderator, Risma memaparkan materi mengenai  problem yang dihadapi anak muda saat ini dengan tema “Dealing with insecurity by discovering yourself”. 

Dalam pemaparannya, Risma juga menceritakan pengalaman dalam menemukan jati dirinya,  salah satunya melalui keikutsertaannya dalam forum pemberdayaan bernama Perempuan Gagal (PG) yang salah satu foundernya adalah Stafsus Presiden, Ayu Kartika Dewi. 

“Setelah mendapatkan bekal dari PG, selain mengaplikasikan untuk diri sendiri, saya juga memiliki kewajiban untuk menularkan kepada oranglain.  Jangan lupa untuk mencintai dan memperhatikan kebutuhan diri kita sebelum memperhatikan dan melayani orang lain, apalagi untuk mahasiswa BK yang dekat dengan melayani orang lain.  Hal ini karena menurut saya we can’t pour anything rom an emphty bowl” jelas Risma.

“Kegiatan ini sangat interaktif sekali,  karena pemaparan materi oleh narasumber, peserta juga diberikan kesempatan untuk membagikan pengalaman yang pernah dihadapi terkait topik insecurity.” kata salah satu peserta.

Luky Kurniawan, M.Pd., selaku Kaprodi BK UMBY menyatakan bahwa, “kegiatan ini harapannya dapat berjalan secara rutin untuk menguatkan resiliensi mahasiswa pengurus organisasi dilingkungan Prodi BK UMBY.”

Koordinator divisi HMPS BK sekaligus moderator acara, St. Nofriani Ghea merasa senang sekali dengan adanya kegiatan ini.

“Saya sangat bersyukur sekali karena dengan adanya kegiatan kelas pengembangan diri ini, saya dapat membantu orang lain untuk terus berkembang” tutur St. Nofriani Ghea.

Source : dndsandyra.com
Editor : DnD

Leave a Reply

Your email address will not be published.