bptp dan kkn umby

Dorong Peningkatan Hasil Panen Bawah Merah, BPTP Berikan Edukasi Bercocok Tanam Modern Pada Kelompok Tani Nogosari I

Yogyakarta, dndsandyra.com – Pada hari Rabu (11/8/21), BPTP Balitbangtan Yogyakarta melakukan edukasi mengenai cara bercocok tanam modern untuk tanaman bawang merah di Bulak Sawah Gedhe Kelurahan Wukirsari kepada kelompok tani Setia Nogosari I.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa petani dan pejabat setempat. Selain itu pada kesempatan ini BPTP juga melibatkan mahasiswa KKN 35 Universitas Mercu Buana Yogyakarta untuk membantu pelatihan ini.

bptp dan kkn umby

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari bantuan biji bawang merah TSS (TSS= True Shallot Seed) , dari Dinas Pertanian Pangan Perikanan dan Kelautan DIY yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian Pangan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bantul serta BPP Imogiri, kepada Kelompok Tani Setia Nogosari I dan Kelompok Tani Singomulyo Singosaren pada Kamis (17/6/21).

Tujuan diadakan kegiatan ini, agar para kelompok tani mengetahui teknik baru bercocok tanam guna memaksimalkan hasil panen. Hal ini juga dilakukan karena tanaman bawang merah kembali menjadi komoditas utama dan dapat menunjang perekonomian masyarakat pedukuhan Nogosari I.

Kegiatan di awali dengan meratakan tanah, setelah selesai dilanjutkan dengan kegiatan pengarahan teknis mengenai bibit yang baik dan siap tanam. Selanjutnya proses penanaman bawang merah dimulai dengan mencabut bibit yang semai dengan hati-hati, sehingga tidak melukai dan memotong bagian yang penting yaitu akarnya. Setelah itu peletakan dipindahkan ke lahan yang sudah diratakan tadi.

“Kami sangat beruntung sekali memiliki kesempatan melakukan kegiatan bersama BPTP, karena kami juga mendapatkan ilmu baru yang sangat bermanfaat.” ujar Ferdian Panji Saputra selaku ketua KKN UMBY Kelompok 35.

Source : dndsandyra.com
Penulis : Dayu Ainun Bening Sukma
Editor : DnD

Leave a Reply

Your email address will not be published.