Home / Berita / Kegiatan / Pemberdayaan

Minggu, 5 September 2021 - 13:47 WIB

Dorong Peningkatan Hasil Panen Bawah Merah, BPTP Berikan Edukasi Bercocok Tanam Modern Pada Kelompok Tani Nogosari I

Yogyakarta, dndsandyra.com – Pada hari Rabu (11/8/21), BPTP Balitbangtan Yogyakarta melakukan edukasi mengenai cara bercocok tanam modern untuk tanaman bawang merah di Bulak Sawah Gedhe Kelurahan Wukirsari kepada kelompok tani Setia Nogosari I.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa petani dan pejabat setempat. Selain itu pada kesempatan ini BPTP juga melibatkan mahasiswa KKN 35 Universitas Mercu Buana Yogyakarta untuk membantu pelatihan ini.

bptp dan kkn umby

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari bantuan biji bawang merah TSS (TSS= True Shallot Seed) , dari Dinas Pertanian Pangan Perikanan dan Kelautan DIY yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian Pangan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bantul serta BPP Imogiri, kepada Kelompok Tani Setia Nogosari I dan Kelompok Tani Singomulyo Singosaren pada Kamis (17/6/21).

Baca Juga :   Webinar FTI UMBY, Project Management Life Cycle In IT Industry

Tujuan diadakan kegiatan ini, agar para kelompok tani mengetahui teknik baru bercocok tanam guna memaksimalkan hasil panen. Hal ini juga dilakukan karena tanaman bawang merah kembali menjadi komoditas utama dan dapat menunjang perekonomian masyarakat pedukuhan Nogosari I.

Kegiatan di awali dengan meratakan tanah, setelah selesai dilanjutkan dengan kegiatan pengarahan teknis mengenai bibit yang baik dan siap tanam. Selanjutnya proses penanaman bawang merah dimulai dengan mencabut bibit yang semai dengan hati-hati, sehingga tidak melukai dan memotong bagian yang penting yaitu akarnya. Setelah itu peletakan dipindahkan ke lahan yang sudah diratakan tadi.

Baca Juga :   Tingkatkan Imunitas Di Tengah Covid-19 Mahasiswa KKN PPM UMBY 92 Ajak Masyarakat Manfaatkan Jamu

“Kami sangat beruntung sekali memiliki kesempatan melakukan kegiatan bersama BPTP, karena kami juga mendapatkan ilmu baru yang sangat bermanfaat.” ujar Ferdian Panji Saputra selaku ketua KKN UMBY Kelompok 35.

Source : dndsandyra.com
Penulis : Dayu Ainun Bening Sukma
Editor : DnD

Share :

Baca Juga

Sharing Session dan Makrab HIMATEPA

Berita

Tumbuhkan Motivasi Mahasiswa, Himatepa UMBY Adakan Sharing Session dan Makrab
TIM PkM UMBY sosialisasikan kerjasama IT

Berita

Tim PkM UMBY Sosialisasikan Program Kerjasama Bidang IT Di SMK Maarif 1 Temon
bimbel kkn 10 umby

Berita

Apa Kabar Pendidikan Indonesia ?
Soasialisasi Kel 12 KKN UMBY

Berita

KKN PPM Kelompok 12 UMBY Upayakan Pencegahan Covid 19 Di Dusun Surobayan
silase kkn 16 umby

Berita

Mahasiswa KKN UMBY 16 Berikan Edukasi Pembuatan Silase Pada Peternak Di Dusun Tanjung
PkM Jamu Tradisional UMBY

Berita

PkM UMBY Berdayakan Kelompok Usaha Jamu Tradisional di Dusun Watu
Penyerahan Alat Spray Secara Simbolis

Berita

Mahasiswa KKN UMBY Upayakan Pencegahan Covid Dengan Memberikan Bantuan Alat Sprayer Elektrik Disinfektan Di Dusun Sindet Wukirsari
Pembuatan Film KKN Kel 14 UMBY

Berita

Bersama Masyarakat Mahasiswa KKN PPM UMBY Kelompok 14 Wujudkan Film Dengan Tajuk Karanggayam Beradaptasi di Tengah Pandemi