Home / Berita / Edukasi

Senin, 6 September 2021 - 17:34 WIB

Prodi Pendidikan Matematika UMBY Kembangkan Layanan Pembelajaran Interaktif melalui “Hybrid Moodle System”

Yogyakarta, dndsandyra.com – Semenjak pertama kali diumumkan oleh presiden Indonesia pada bulan Maret 2020 mengenai Covid-19 yang mengalami peningkatan signifikan pada bulan oktober 2020 hingga 4.029 kasus. Dengan kondisi tersebut, pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal ini tentu sangat menyulitkan termasuk kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan tatap muka di dalam kelas, akhirnya harus dilakukan secara daring. Kondisi seperti ini menuntut para guru untuk memahami penggunaan Learning Management System (LMS) untuk menunjang proses pembelajaran.

LMS merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan menilai sebuah proses pembelajaran. Melalui LMS ini guru tidak hanya dapat memberikan berbagai sumber ajar kepada siswa, tetapi juga dapat meminta siswa mengumpulkan (meng-upload) tugas, menilai tugas siswa, memberikan feedback secara langsung, memantau keaktifan siswa, berdiskusi, melakukan video conference, melakukan evaluasi, bahkan melakukan refleksi pembelajaran. Salah satu LMS yang dapat digunakan untuk pembelajaran adalah Moodle.

Baca Juga :   Tertarik Menjadi C-Level, Apa Yang Harus Disiapkan ?

Di SMK Asslafiyyah Sleman, sebelumnya juga telah menggunakan sistem SIAKAD sederhana, namun sistem tersebut belum interaktif. Hal tersebut mendorong Nuryadi, S.Pd.Si., M.Pd. selaku Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) memberikan pelatihan mengenai pemanfaatan LMS Moodle kepada para guru Di SMK Asslafiyyah Sleman. Hal ini dilakukan agar sistem pembelajaran lebih memadai dan dapat mengakomodasi kebutuhan pembelajaran daring, sehingga dapat kualitas pembelajaran dapat dipertahankan walaupun dilakukan secara daring.

Baca Juga :   Tingkatkan Mutu Akreditasi, UNMUH Babel Lakukan External Benchmarking Dengan UMBY

Solusi yang ditawarkan tim PKM adalah adanya pelatihan, workshop dan pendampingan bagi guru SMK Asslafiyyah Sleman terkait pelaksanaan pembelajaran daring dengan munggunakan hybrid moodle system dilaksanakan selama dua hari, yaitu Sabtu (28/8/21) dan Senin (30/8/21). Sedangkan untuk pengembangan SIAKAD milik SMK Asslafiyyah Sleman yang interaktif sedang dikembangkan oleh sekolah didampingi ketua tim pengabdi.

“Melalui hybrid moodle system maka diharapkan guru dapat memberikan layanan pembelajaran pada keberagaman siswa di SMK. Dimana, sistem ini mengakomodir pembelajaran virtual yang didukung video conference dan terintegrasi dengan pendidikan di Pondok Pesantren.” ujar Nuryadi, S.Pd.Si., M.Pd.

Source : dndsandyra.com
Editor : Widarta

Share :

Baca Juga

kkn 92 umby kenalkan jamu

Berita

Tingkatkan Imunitas Di Tengah Covid-19 Mahasiswa KKN PPM UMBY 92 Ajak Masyarakat Manfaatkan Jamu
penyambutan maba umby

Berita

Harapan dan Motivasi Rektor Untuk Mahasiswa Baru UMBY
TIM PkM UMBY sosialisasikan kerjasama IT

Berita

Tim PkM UMBY Sosialisasikan Program Kerjasama Bidang IT Di SMK Maarif 1 Temon
sosialisasi covid kkn 33

Berita

Mahasiswa KKN PPM UMBY 33 Sosialisasikan Pencegahan Penularan Covid 19 Di Dusun Manggung
Workshop UI UX Designer HMPS SI

Berita

HMPSSI UMBY Adakan Workshop UI/UX Designer and Prototyping
Soasialisasi Kel 12 KKN UMBY

Berita

KKN PPM Kelompok 12 UMBY Upayakan Pencegahan Covid 19 Di Dusun Surobayan
webinar skpi ecampuz

Berita

Webinar eCampuz Series “SKPI Sebagai Tiket Berkarir IT Profesional”
compeny visit akuntasi umby

Berita

Company Visit UMBY, Mendidik Mahasiswa jadi Entrepreneur