Home / Berita / Edukasi / Kegiatan

Minggu, 12 September 2021 - 12:19 WIB

HIMABIKO Ajak Mahasiswa Baru UMBY Menjadi Agen Perubahan

Yogyakarta, dndsandyra.com – Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling (HIMABIKO), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) sukses menyelenggarakan PKKMB (Program Pengenalan Kampus untuk Mahasiswa Baru) di tingkat program studi, pada Jumat (10/09/21). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru program studi Bimbingan Konseling (BK) dengan mengambil tema penting terkait “peran mahasiswa sebagai agen perubahan”.

Sri Melati Pasaribu, Ketua HIMABIKO UMBY dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru, selain itu juga dihadiri oleh kakak-kakak kelas yang berprestasi baik akademik maupun nonakademik untuk membagikan cerita dan pengalaman kehidupan kampus dengan para mahasiswa baru.

“Dengan adanya Kegiatan ini, diharapkan nantinya dapat menyambung silaturahmi dan keakraban mahasiswa dilingkungan program studi Bimbingan Konseling (BK).” ujar Sri Melati Pasaribu.

Untuk lebih mengenal mengenai dinamika kampus, Wakil Ketua HIMABIKO, Kunti Mualima turut memberikan paparannya dengan lebih mendalam soal life at Prodi BK UMBY.

Baca Juga :   Pemberdayaan Masyarakat Dengan Bercocok Tanam Di Dusun Sindet Wukirsari

Ketua Program Studi BK, Luky Kurniawan, M.Pd. turut menyatakan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini. Harapannya tidak hanya memunculkan kesadaran baru mengenai makna dan pentingnya peran mahasiswa tetapi juga muncul empati sosial mahasiswa. Tumbuhnya empati sosial ini harapannya turut mewujudkan kesadaran akan peran sosial, dan lebih dari pada itu juga memunculkan kesadaran menjadi warga negara yang baik dan cinta tanah air dengan peran-peran strategis yang dapat diambil mahasiswa.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa ini, harapannya nanti diskusi dan mahasiswa menjadi dua hal yang tak terpisahkan, sehingga turut membangun iklim akademik yang positif di lingkungan Prodi BK UMBY”. Tambah Luky Kurniawan, M.Pd.

Kegiatan PKKMB ini juga menghadirkan Hanif M. Ibrahim, seorang founder dari BUMI Scholar Foundation sebagai narasumber. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan mengenai pentingnya menjadi dampak dan manfaat bagi diri sendiri maupun untuk sekitarnya melalui aksi nyata yang dapat diambil oleh mahasiswa.

Baca Juga :   Tingkatkan Mutu Akreditasi, UNMUH Babel Lakukan External Benchmarking Dengan UMBY

“Saya yakin bahwa Indonesia akan bangkit dan maju, jika setiap dari kita mengambil peran nyata untuk Indonesia,’’ tuturnya.

Selain menghadirkan pemateri tamu dari luar kampus, kegiatan ini juga diisi Natri Sutanti, M.A. & Ruly Ningsih, M.Pd yang merupakan dosen program studi BK UMBY. Dalam pemaparannya, disampaikan gambaran mengenai kehidupan mahasiswa di Prodi BK UMBY, dan memberikan motivasi pengembangan diri di prodi BK UMBY. Selain itu, dalam kesempatan ini, juga dikampanyekan pentingnya menjaga kesehatan mental selama studi, Apalagi saat ini dihadapkan pada situasi pandemi. Your mental health first!.

Source : dndsandyra.com
Editor : DnD

Share :

Baca Juga

Poster SMAI 2021 FTI UMBY

Berita

FTI UMBY Akan Mengadakan Seminar Nasional Multimedia & Artificial Intelligence (SMAI) 2021
MOU FE UMBY dan FEBI IAIN Pekalongan

Berita

FE UMBY Tanda Tangani MoU MBKM dengan FEBI IAIN Pekalongan
Kegiatan Kel 18 KKN UMBY

Berita

Dorong Kreatifitas dan Semangat Hijau Bercuan, KKN Arjuna (18) Ajak Remaja Pongangan Belajar Vertikultur
silase kkn 16 umby

Berita

Mahasiswa KKN UMBY 16 Berikan Edukasi Pembuatan Silase Pada Peternak Di Dusun Tanjung
webinar fti umby series pm life cycle

Berita

Webinar FTI UMBY, Project Management Life Cycle In IT Industry
Sharing Session dan Makrab HIMATEPA

Berita

Tumbuhkan Motivasi Mahasiswa, Himatepa UMBY Adakan Sharing Session dan Makrab
Workshop Canva & Pencil

Berita

UniKL MIIT dan FTI UMBY Berkolaborasi Adakan Internasional Join Workshop
Edukasi Tinjauan Psikologis SD

Berita

Edukasi Pentingnya Persiapan Masuk SD Dari Tinjauan Psikologi