webinar kepemimpinan himaka umby

Bangun Jiwa Kepemimpinan, Himaka UMBY Sukses Gelar Webinar

Yogyakarta, dndsandyra.com – Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMAKA) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan webinar pelatihan organisasi bertema “Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Berkarakter pada Generasi Muda”.

Webinar ini diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom pada Sabtu (02/042022), dan diikuti oleh kurang lebih 100 peserta dari kalangan Mahasiswa UMBY dan Perguruan Tinggi (PT) lainnya.

Webinar ini menghadirkan pembicara Ir. Wafit Dinarto, M. Si., yang merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik UMBY.

Acara webinar dibuka oleh Ahmad Baehaqi selaku Master of Ceremony (MC), dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Program Studi Informatika, Mutaqin Akbar, S. Kom., M.T., MCE..

“Kegiatan ini memberikan pengetahuan tentang dasar-dasar dalam berorganisasi terlebih untuk membangunnya sikap kepemimpinan dan rasa tanggung jawab dalam memanajemen suatu organisasi yang di ikutinya atau yang akan di ikuti,” tutur Mutaqin.

Ketua HIMAKA, M. Abdurozik menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan penting dalam lingkup organisasi universitas.

“Mengingat pengetahuan mengenai dasar-dasar kepemimpinan dalam berorganisasi amatlah penting membutuhkan kemampuan adaptasi dan kerjasama antar makhluk sosial,” kata Abdurozik.

Rika Handayani selaku ketua pelaksana pada webinar ini menyampaikan bahwa tema ini menjadi menarik untuk diperbincangkan dan sangat penting untuk dipahami dalam berorganisasi.

“Tema ini menjadi menarik untuk dipahami dan dipikirkan oleh banyak pihak. Saya selaku ketua penyelenggara mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak atas terselenggaranya acara ini. Semoga webinar ini dapat bermanfaat,” ucap Rika. 

Dalam pemaparannya, Ir. Wafit Dinarto, M. Si., menjelaskan pentingnya kesadaran dan tanggung jawab setiap anggota dalam organisasi.

“Untuk menciptakan organisasi yang bisa bergerak baik diperlukan kesadaran dan tanggung jawab semua anggota di dalamnya,” jelas Wafit.

“Saling memiliki pemikiran bahwa organisasi itu milik bersama juga merupakan bagian penting agar tanggung jawab dalam mengemban tugas dapat terlaksana dengan baik dan tanpa beban,” imbuhnya lagi.           

“Dalam berorganisasi banyak karakter yang perlu dikembangkan seperti jiwa kepemimpinan, rasa tanggung jawab dan kemampuan berkomunikasi. Sebagai bagian dari suatu organisasi kita harus dapat menerapkan manajemen organisasi agar organisasi dapat lebih maju” tutup Rozik mengakhiri sesi webinar.

“Saya sangat bersyukur, karena peserta sangat antusias dalam mengikuti acara webinar HIMAKA UMBY, apalagi materi yang disampaikan sangat berkaitan dengan real case organisasi,” ujar Rika.

Source : dndsandyra.com
Editor : Haya Azzura Rasya

Leave a Reply

Your email address will not be published.