Home / Berita / Edukasi / Kegiatan

Minggu, 19 September 2021 - 07:16 WIB

Kuliah Umum HIMATEPA UMBY Bahas Potensi dan Pemanfaatan Klorofil

Yogyakarta, dndsandyra.com – Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (HIMATEPA) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), mengadakan kuliah umum dengan tema “Potensi Klorofil sebagai Pewarna dan Antioksidan” dengan narasumber Dr. Chatarina Lilis Suryani S.TP., M.P. yang juga merupakan dosen Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) UMBY.

Kuliah umum ini dilaksanakan secara daring melalui Google Meet pada Sabtu (18/09/21), dan diikuti 98 peserta dari UMBY dan kampus lain.

Kuliah umum ini dibuka oleh Thia Friesthiana Faturrochman selaku ketua panitia, dan dilanjutkan dengan agenda kuliah umum yang dipandu oleh Maria Tresnaning Yossi selaku moderator.

Baca Juga :   KKN Universitas Mercu Buana Yogyakarta Menyediakan Bak Sampah Di Setiap Pos Rt Dusun Tilaman

Dalam pemaparannya, Dr. Chatarina Lilis menjelaskan bahwa klorofil memiliki potensi sebagai pewarna makanan dan antioksidan. Potensi klorofil ini didukung juga oleh kelebihannya sebagai pewarna alami, contohnya klorofil pada daun pandan wangi.

“Daun pandan wangi memiliki kelebihan pada kadar total alkaloid dan flavonoid yang tinggi, dan tidak kalah jika dibandingkan dengan bahan-bahan yang biasa digunakan sebagai sumber klorofil komersial. Selain itu, klorofil juga memiliki manfaat sebagai antiinflamasi yang bisa mencegah terjadinya oksidasi yang meingkatkan penyembuhan luka.” tuturnya.

Thia Friesthiana Faturrochman, mengatakan bahwa Kuliah Umum ini bertujuan untuk mendapat wawasan mahasiswa THP mengenai potensi dan pemanfaatan klorofil.

Baca Juga :   Tingkatkan Mutu Akreditasi, UNMUH Babel Lakukan External Benchmarking Dengan UMBY

“Kuliah umum ini adalah program kerja dari HIMATEPA yang menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Tujuan diadakannya kuliah umum ini adalah untuk menambah wawasan mahasiswa mengenai topik-topik tertentu yang diperoleh diluar jam perkuliahan dalam kelas, pada kuliah umum kali ini lebih difokuskan pada pengetahuan mengenai potensi dan pemanfaatan klorofil.” ujarnya.

“Harapannya, dari kuliah umum ini kami mengetahui tantangan pemanfaatan daun pandan wangi sebagai pewarna hijau alami, serta tahu mengenai cara mempertahankan warna hijau pada klorofil daun pandan”. tutup Thia.

Source : dndsandyra.com
Editor : Widarta

Share :

Baca Juga

Kegiatan pemasangan banner KKN UMBY di padukuhan Tilaman

Berita

Kegiatan Pemasangan Banner, Poster Covid, & Publikasi Informasi Melalui Instagram @kkn19_umby
Sosialisasi Pencegahan Covid KKN UMBY Di Dusun Sindet

Berita

KKN Universitas Mercu Buana Yogyakarta Sosialisasikan Pencegahan Covid-19 Di Dusun Sindet Wukirsari
Penyerahan Alat Spray Secara Simbolis

Berita

Mahasiswa KKN UMBY Upayakan Pencegahan Covid Dengan Memberikan Bantuan Alat Sprayer Elektrik Disinfektan Di Dusun Sindet Wukirsari
bimbel kkn 10 umby

Berita

Ing Ngarsa Sung Tuladha Sebagai Landasan Program Kerja Pendidikan Dalam Mencerdaskan Aset Bangsa
bayan lombok utara

Berita

Mengenal Lebih Dekat Tradisi dan Adat Istiadat Suku Sasak di Daerah Bayan Lombok Utara NTB
silase kkn 16 umby

Berita

Mahasiswa KKN UMBY 16 Berikan Edukasi Pembuatan Silase Pada Peternak Di Dusun Tanjung
Prospek karir di bidang iot

Berita

Kenali Prospek Karir Di Bidang IoT
pesona rinjani

Berita

Gunung Rinjani, Sebuah Pesona Keindahan Dari Lombok