kuliah umum himatepa 2021

Kuliah Umum HIMATEPA UMBY Bahas Potensi dan Pemanfaatan Klorofil

Yogyakarta, dndsandyra.com – Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (HIMATEPA) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), mengadakan kuliah umum dengan tema “Potensi Klorofil sebagai Pewarna dan Antioksidan” dengan narasumber Dr. Chatarina Lilis Suryani S.TP., M.P. yang juga merupakan dosen Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) UMBY.

Kuliah umum ini dilaksanakan secara daring melalui Google Meet pada Sabtu (18/09/21), dan diikuti 98 peserta dari UMBY dan kampus lain.

Kuliah umum ini dibuka oleh Thia Friesthiana Faturrochman selaku ketua panitia, dan dilanjutkan dengan agenda kuliah umum yang dipandu oleh Maria Tresnaning Yossi selaku moderator.

Dalam pemaparannya, Dr. Chatarina Lilis menjelaskan bahwa klorofil memiliki potensi sebagai pewarna makanan dan antioksidan. Potensi klorofil ini didukung juga oleh kelebihannya sebagai pewarna alami, contohnya klorofil pada daun pandan wangi.

“Daun pandan wangi memiliki kelebihan pada kadar total alkaloid dan flavonoid yang tinggi, dan tidak kalah jika dibandingkan dengan bahan-bahan yang biasa digunakan sebagai sumber klorofil komersial. Selain itu, klorofil juga memiliki manfaat sebagai antiinflamasi yang bisa mencegah terjadinya oksidasi yang meingkatkan penyembuhan luka.” tuturnya.

Thia Friesthiana Faturrochman, mengatakan bahwa Kuliah Umum ini bertujuan untuk mendapat wawasan mahasiswa THP mengenai potensi dan pemanfaatan klorofil.

“Kuliah umum ini adalah program kerja dari HIMATEPA yang menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Tujuan diadakannya kuliah umum ini adalah untuk menambah wawasan mahasiswa mengenai topik-topik tertentu yang diperoleh diluar jam perkuliahan dalam kelas, pada kuliah umum kali ini lebih difokuskan pada pengetahuan mengenai potensi dan pemanfaatan klorofil.” ujarnya.

“Harapannya, dari kuliah umum ini kami mengetahui tantangan pemanfaatan daun pandan wangi sebagai pewarna hijau alami, serta tahu mengenai cara mempertahankan warna hijau pada klorofil daun pandan”. tutup Thia.

Source : dndsandyra.com
Editor : Widarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.