ilustrasi stres © (Photo by Karolina Grabowska on pexels.com)

Anda Merasa Stres ? Ternyata Mudah Cara Mengatasinya

Yogyakarta, dndsandyra.com – Pernahkah Anda merasa tertekan, gelisah, mudah marah, frustasi, tidak tenang, was-was ? Jika Anda merasakan salah satu gejala tersebut, kemungkinan Anda mengalami stres.

Apa itu stres ?

Dikutip dari laman alodokter.com, Stres adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Stres juga dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, atau bersemangat.

Agar tidak lebih parah, maka Anda harus mengatasi kondisi tersebut. Terus bagaimana cara mengatasinya ? Yuk simak penjelasan berikut.

Apa saja yang bisa menyebabkan stres ?

Banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan stres atau biasanya disebut sebagai stresor. Sebelum Anda dapat mengatasi stres, maka Anda juga harus tau apa yang menyebabkan stres.

Terdapat 3 faktor yang dapat menyebabkan stres, yaitu :

  1. Stresor fisikobiologis (Fisik – Biologis)
    Stresor ini berkaitan dengan kondisi fisik seseorang, misalnya seperti memiliki penyakit yang sulit disembuhkan, cacat fisik, dan postur tubuh yang dipersepsi tidak ideal (terlalu gemuk, kurus, pendek, kecil).
  2. Stresor psikologis
    Stresor ini berkaitan dengan kondisi psikis seseorang, misalnya seperti negative thinking, frustasi karena gagal memperoleh sesuatu yang diinginkan, iri hati, memiliki dendam, sikap permusuhan, perasaan cemburu, konflik pribadi, dan keinginan di luar kemampuan.
  3. Stresor sosial
    Stresor ini berkaitan dengan kondisi sosial seseorang, misalnya seperti broken home, perceraian, pengangguran, kematian, pemutusan hubungan kerja (PHK), kriminalitas, dan lain-lain.

Apa saja dampak dari stres

Turunnya imun tubuh seseorang yang terkena stres, dapat menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit. Dilansir dari halodoc.com, beberapa penyakit yang dapat diakibatkan stes, antara lain seperti sakit jantung, obesitas, depresi dan cemas, penuaan dini, sakit kepala, serta diabetes.

Cara mengatasi stres

  1. Curhat
    Coba Anda keluarkan semua uneg-uneg yang terasa mengganjal di dalam hati. Tapi perlu diingat, Anda juga harus menceritakan apa yang Anda rasakan kepada orang terdekat yang bisa Anda percayai, orang yang bersangkutan, atau bisa langsung ke psikolog.
    Setelah mengeluarkan semua beban yang Anda rasakan, percayalah Anda pasti akan merasa lebih baik.
  2. Olahraga
    Olahraga meruapkan salah satu kunci hidup sehat, namun selain itu ternyata dengan berolahraga secara rutin juga dapat dijadikan sebagai salah satu media dalam menangani stres.
    Olahraga dapat membantu mengeluarkan hormon endorfin,  hormon ini dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan rasa percaya diri.
  3. Lakukan hobi
    Coba pikirkan hobi atau kegiatan apa yang paling Anda sukai ? jalan-jalan, hunting foto di tempat wisata, nonton film, nongkrong di kafe, karaoke, otomotif ?
    Cobalah Anda luangkan waktu sejenak untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, agar tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih rileks.
  4. Tinggalkan masa lalu
    Semua orang pastilah memiliki masa lalu, dari berbagai pengalaman hidup sudah tentu ada kenangan manis dan kenangan pahit.
    Anda harus bisa menyingkapinya, Anda harus bisa memilah mana yang harus dikenang, mana yang harus diambil pelajaran.
    Perlu diperhatikan bahwa, Anda hidup saat ini bukan kemarin. Tinggalkan apa yang menjadikan Anda merasa sakit, jika perlu lakukanlah self healing untuk menyembuhkan luka tersebut.
  5. Cintai diri Anda
    Mencintai diri sendiri atau self-love bukan berarti egois. Mencintai diri sendiri berarti Anda akan tulus menerima diri sendiri apa adanya.
    Dengan mencintai diri sepenuh hati, Anda akan terbebas dari berbagai beban yang dirasakan sebelumnya. Hal ini tentunya akan berdampak positif bagi kesehatan fisik maupun mental Anda.
    Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan self-love, salah satunya dapat dilakukan dengan memberikan waktu bagi diri sendiri atau me-time.

Setiap orang mungkin memiliki metode atau cara yang berbeda-beda dalam melakukan menajemen terhadap stres, tapi tak ada salahnya untuk mencoba melakukan cara-cara tersebut di atas yang membuat Anda merasa paling nyaman.

Source : dndsandyra.com
Editor : DnD

Leave a Reply

Your email address will not be published.