ilustrasi usaha bisnis

Peran Teknologi dalam Perkembangan Dunia Bisnis

Yogyakarta, dndsandyra.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa peran teknologi sangatlah penting dalam hal bisnis, agar pola operasional menjadi lebih efisien dan efektif.

Penerapan teknologi informasi di dunia bisnis, ditujukan untuk mendapatkan dari semua aspek bisnis, yang nantinya diorientasikan pada peningkatan margin yang telah ditargetkan.

Berbagai sektor usaha baik esensial maupun kritikal, saat ini tergantung pada penggunaan teknologi informasi.
Sektor esensial seperti keuangan dan perbankan (hanya meliputi asuransi, bank, pegadaian, dana pensiun, dan lembaga pembiayaan yang berorientasi pada pelayanan fisik dengan pelanggan), pasar modal, teknologi dan komunikasi (meliputi operator seluler, data center, internet, pos, media terkait dengan penyebaran informasi kepada masyarakat), perhotelan, industri ekspor.

Sedangkan sektor kritikal seperti kesehatan, keamanan, penanganan bencana, energi, logistik, dan lainnya.

Kira-kira apa saja peran teknologi informasi dalam dunia usaha dan bisnis, baik dari skala kecil sampai besar. Berikut penjelasannya.

  1. Membantu Strategi Marketing

    Dengan pesatnya perkembangan teknologi, salah satunya perubahan pola penerimaan informasi pada masyarakat yang beralih dari media konvensional ke teknologi seperti whatshapp, telegram, instagram, facebook, youtube, bahkan website profil maupun penjualan.

    Hal itu menjadi lahan penyampaian iklan dan menjadi sarana marketing yang menjanjikan dengan berbagai pilihan dengan biaya terjangkau. Dengan begitu pangsa pasar yang jangkauannya semula terbatas secara konvensional, saat ini dapat berkembang secara global.
  1. Kemudahan Transaksi Pembayaran

    Sedikit demi sedikit transaksi pembayaran mulai beralih ke transaksi elektronik, mulai dari penggunaan e-wallet (ovo, dana, shoope pay, link aja, gopay) sampai penggunaan digital banking. Hal ini didukung juga dengan perkembangan situs perbelanjaan yang semakin banyak, dengan berbagai penawaran yang lebih menarik dengan pilihan beragam maupun harga yang lebih kompetitif.
  1. Efisiensi Waktu Dan Biaya

    Sebagai seorang yang menekuni bisnis, mungkin Anda akan menghabiskan waktu dengan pekerjaan, dari urusan marketing sampai penjualan yang terkadang harus dikerjakan untuk mengejar target. Menariknya lagi, dengan bantuan teknologi kita bisa menghemat waktu dan biaya.

    Sebagai contoh sederhana, jika dulu untuk melakukan re-stok toko harus benar-benar menjadwalkan waktu untuk pengadaan stok. Dulu hanya yang memiliki waktu dan modal yang dapat menjalankan bisnis. Saat ini setiap orang dapat memiliki bisnis, bahkan dengan modal minimal.
  1. Meningkatkan Produktivitas

    Dengan bantuan teknologi, produktivitas seseorang dapat meningkat pesat. Saat ini tidak hanya yang berpengalaman yang dapat menjalankan bisnis. Bahkan skala kecil menengah pun dapat bersaing dengan yang memiliki usaha dengan skala besar.

    Dengan teknologi, semua dapat terintegrasi dengan mudah. Bahkan bagi yang baru menjajaki dunia bisnis, asalkan memiliki kesiapan dalam penggunaan teknologi, perkembangan bisnisnya pun dapat terpantau dengan mudah karena semua bisa terintegrasi.
  1. Mengoptimalkan Pelayanan

    Memang tidak semua bisa digantikan dengan teknologi, tapi setidaknya dapat membantu mengoptimalkan pelayanan pada pelanggan.

    Sebagai contoh, jika memiliki toko online maka dapat melakukan traking pembayaran pesanan secara otomatis, bahkan secara realtime juga dapat melakukan pengecekan terhadap pesanan yang telah dikirim.

Dengan berbagai potensi tersebut, teknologi informasi sangat bermanfaat diberbagai sektor, tidak hanya bisnis. Dengan begitu, kita bisa lebih memaksimalkan potensi yang ada untuk mencapai target yang diinginkan.

Source : dndsandyra.com
Penulis : Hernanda Putri Ayu Agustin
Editor : DnD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *