SMAI FTI UMBY 2021

FTI UMBY Sukses Gelar Seminar Multimedia & Artificial Intelligence (SMAI) 2021

Yogyakarta, dndsandyra.comFakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) sukses menyelenggarakan acara Seminar Multimedia & Artificial Intelligence 2021 (SMAI 2021), yang diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting dan Youtube pada Selasa (31/11/2021) dengan 130 partisipan peserta dan pemakalah.

SMAI kali ini akan mengangkat tema “Optimalisasi Artificial Intelligence di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0“, dan mengundang 2 (dua) narasumber utama yaitu, Romi Satria Wahono, Ph.d. (Peneliti & technopreneur, Founder dan CEO PT Brainmatics, IlmuKomputer.Com dan Intelligent Systems Research Center, dan pengajar di beberapa perguruan tinggi), serta Dr. Suwanto Raharjo, S.Si., M.Kom. (Dosen Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta).

Seminar ini dibuka oleh Haya Azzura Rasya selaku Master of Ceremony (MC), dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng., MCE., sambutan Dekan FTI UMBY Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng., MCE., dan Rektor UMBY Dr. Agus Slamet, S.TP., MP. sekaligus membuka acara seminar, kemudian dilanjutkan dengan acara inti seminar yang dipandu oleh Irfan Pratama, S.Kom., M.Eng., MCE., selaku moderator.

Dalam sambutannya, Agus juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini.

“Seminar nasional ini diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh seluruh peserta, dan semoga UMBY dapat berperan serta dan aktif dalam mengembangkan keprofesionalismenya dalam tatanan akademik dan mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sehingga nantinya dapat memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat.” papar Agus.

Senada dengan itu, Anief juga menyampaikan, “Dengan adanya seminar ini diharapkan dapat mendorong minat dan pemahaman masyarakat mengenai pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) terkait pemberdayaan manusia, teknologi dan data untuk peningkatan kesejahteraan.”

Dalam pengantarnya, Romi Satria Wahono mengungkapkan bahwa, “Data digital saat ini sudah tak terhitung lagi jumlahnya, hal ini dapat memunculkan potensi-potensi baru yang mungkin dapat berguna bagi siapapun jika digunakan dengan tepat dan menggunakan mekanisme yang tepat pula. “

“Salah satunya adalah bagaimana data-data yang berjumlah banyak tadi dapat memberikan “added value” terhadap suatu hal menggunakan konsep data science. Dimana data diolah menjadi informasi yang kemudian menghasilkan pengetahuan yang nantinya akan dijadikan sebagai rujukan untuk membuat kebijakan.” jelas Romi.

Tidak kalah menarik, Suwanto Raharjo menambahkan, “Bahwa bidang Ilmu teknologi informasi atau AI secara khusus bukanlah bidang ilmu yang dapat berdiri sendiri, melainkan sebagai ilmu pendukung. Sehingga dalam implementasinya akan lebih optimal jika dikolaborasikan dengan bidang ilmu lain untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada.”

“Selain itu, perkembangan penelitian AI juga perlu untuk dikontrol agar tetap memperhatikan etika dari informasi-informasi atau data privat sebagai sumber yang digunakan dalam implementasinya.” jelas Suwanto.

“Secara keseluruhan SMAI FTI UMBY sangat baik dan menginspirasi. Terus semangat untuk selalu menebar ilmu.” ungkap Prof. Dr. Ema Utami, S.Si., M.Kom. salah satu peserta seminar dari Universitas Amikom Yogyakarta.

“Materi yang disampaikan sangat Menarik dan menambah pengetahuan dibidang AI dan data science. Semoga kedepannya ada seminar lagi terkait AI dan data science.” kata Renna Yanwastika Ariyana, S.T., M.Kom. dari Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

Ketua penyelenggara SMAI 2021, A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng., MCE., menjelaskan bahwa, “Seminar nasional ini diharapkan dapat menyediakan forum bagi para peneliti, akademisi, praktisi, dan profesional untuk terhubung dan berbagi pengetahuan.”

Source : dndsandyra.com
Editor : DnD

Leave a Reply

Your email address will not be published.