Jember, dndsandyra.com – Masalah sampah menjadi tantangan global yang mendesak. Di Indonesia, khususnya di daerah pertanian, pengelolaan sampah menghadapi hambatan serius. Pertumbuhan populasi dan aktivitas pertanian yang meningkat menyebabkan volume sampah melebihi kapasitas pengelolaan, berdampak negatif pada lingkungan dan kesehatan masyarakat.
Solusi inovatif seperti bank sampah dengan konsep zero waste dan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) mulai diterapkan. Namun, kunci utama terletak pada peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat. Kelompok riset Smart Teknologi dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember (UNEJ), yang beranggotakan Diah Ayu Retnani, Saiful Bukhori, Yudha Alif Aulia, Tio Dharmawan, dan M. Zarkasi, telah meneliti pengelolaan sampah sejak 2023.
Dimulai dengan proyek pengelolaan sampah keluarga, mereka menciptakan alat bantu pemilahan sampah organik dan anorganik. Kini, pada 2025, fokus mereka meluas untuk melibatkan partisipasi aktif seluruh warga. Setiap daerah memiliki tantangan sampah unik, dan kesadaran masyarakat menjadi perhatian utama.
Kelompok ini percaya gamifikasi dapat menjadi solusi efektif. Dengan elemen permainan, masyarakat lebih termotivasi dalam pengelolaan sampah. Model konseptual strategi disusun untuk memetakan tujuan dan strategi integrasi gamifikasi dalam bank sampah.
Penelitian menunjukkan gamifikasi meningkatkan motivasi dan partisipasi. Setelah model tersusun, langkah berikutnya adalah penerapan gamifikasi dalam proses bisnis bank sampah, didukung sistem informasi. Pemberian reward diterapkan menggunakan metode reward-based decision making untuk objektivitas.
Proses bisnis disusun untuk implementasi gamifikasi, dengan tantangan dan aktivitas berpoint. Aplikasi pendukung digunakan untuk operasional bank sampah, dan masyarakat dapat saling mengedukasi melalui kampanye lingkungan dan pelatihan pengelolaan sampah. Harapannya, masyarakat yang lebih peduli dan aktif dalam pengelolaan sampah dapat tercipta.
Penelitian ini didanai LP2M UNEJ dan dipresentasikan dalam kolokium LP2M UNEJ pada 5 November 2024. Dalam kolokium tersebut, tim peneliti menjelaskan penerapan gamifikasi dalam aktivitas proses bisnis bank sampah, dengan algoritma reward-based decision making untuk penilaian objektif.
Source : dndsandyra.com
Kontributor : Diah Ayu Retnani Wulandari
Editor : Haya Azzura Rasya