Dokumentasi Kuliah Umum Sociopreneur Psikologi UMBY dan UMG

Fakultas Psikologi UMBY dan UMG Kembangkan Sociopreneurship

Yogyakarta, dndsandyra.com – Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kembali mengadakan kuliah umum bertema “Identifikasi Peran Komunitas dalam Pengembangan Sociopreneur: Nilai Budaya, Aplikasi dan Tantangannya”, pada Rabu (27/07/2022).

Kegiatan ini merupakan bagian dari realisasi kerjasama UMBY dengan Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), yang dilakukan sebagai bentuk konsistensi dalam  mewujudkan komitmen pengembangan Sociopreneurship.

Dalam kuliah umum ini, materi disampaikan oleh Dr. Wahyu Kuncoro, M.Si., (dosen sekaligus Wakil Dekan Fakultas Psikologi UMBY) dan Nadhirotul Laily, S.Psi., M.Psi., (dosen Psikologi dan Wakil Rektor Bidang Akademik, UMG).

Dalam pemaparannya, Wahyu menyampaikan bahwa permasalahan sosial ekonomi Indonesia adalah terkait dengan banyaknya pengangguran dan salah satu sektor ekonomi yang dianggap menyumbang pertumbuhan ekonomi adalah entrepreneurship.

“Indonesia masih kekurangan entrepreneur dan lebih khusus lagi sociopreneur,” tutur Wahyu.

“Sebagai seorang sociopreneur kita dapat melakukan usaha dalam waktu yang sama untuk membangun komunitas dan masyarakat yang berkembang di Indonesia,” imbuhnya lagi.

Sementara itu, Laily lebih menekankan pentingnya pendampingan dalam pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan kewirausahaan.

“Pentingnya mendukung pengembangan kewirausahaan agar nilai-nilai sosial tidak terlupakan seiring dengan upaya masyarakat untuk memperoleh keuntungan secara ekonomis dari usahanya,” jelas Laily.

“Hidup akan lebih bermakna jika Anda dapat bermanfaat bagi olang lain dengan menjadi seorang sociopreneur,” tambah Laily.

Selain kuliah umum, pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan dokumen kerja sama antara UMBY yang diwakili oleh Reny Yuniasanti, M.Psi., Ph.D. Psikolog (Dekan Fakultas Psikologi UMBY), dan UMG yang diwakili oleh Awang Setiawan Wicaksono, M.Psi., Psikolog (Dekan Fakultas Psikologi UMG).

“Semoga kerjasama ini dapat memenuhi harapan pengembangan sociopreneourship untuk kemajuan Indonesia,” tutur Reny.

Senada dengan Reny, Awang juga berharap kerja sama UMBY dan UMG ini dapat berkembang terutama untuk pengembangan sociopreneourship.

“Semoga kegiatan ini dapat dilanjutkan dalam pelaksanaan program-program lainnya dan memperoleh banyak manfaat ke depannya,” imbuh Awang.

Source : dndsandyra.com
Editor : Haya Azzura Rassya

Leave a Reply

Your email address will not be published.