grojogan sewu

Pesona Grojogan Sewu, Air Terjun Kaki Gunung Lawu

Karanganyar, dndsandyra.com – Grojogan Sewu merupakan salah satu destinasi wisata air terjun yang terdapat di Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

Grojogan Sewu terletak di bawah kaki Gunung Lawu dengan ketinggian air terjun sekitar 81 meter ini memiliki panorama yang tidak tertandingi.

Grojogan Sewu berasal dari Bahasa Jawa yaitu, Grojogan yang berarti air terjun dan sewu yang berarti seribu.

Namun, makna dari nama Grojogan Sewu ini pun masih simpang siur, ada yang menyebut karena debit airnya yang banyak, ketinggian air terjun yang mencapai 1000 pecak (satuan mengukur tinggi pada masa lalu dengan telapak kaki orang dewasa) adapula kata sewu di artikan sebagai jumlah anak tangga yang mencapai 1000 anak tangga.

Air terjun Grojogan Sewu memiliki dua pintu masuk yang dapat dipilih. Pintu pertama berada di dekat Taman Balekambang, sedangkan pintu masuk kedua berada di dekat River Hill.

Jika Anda ingin mengunjungi Grojogan Sewu melalui pintu pertama Anda harus memiliki fisik yang cukup baik karena banyaknya anak tangga yang akan Anda lewati.

Sedangkan pintu masuk kedua lebih cocok untuk dilewati bagi wisatawan yang mudah lelah karena jalan yang ditempuh lebih landau dan lebih dekat.

Selain menawarkan keindahan alam, air terjun Grojogan Sewu menawarkan pemandangan menarik yakni banyaknya kera yang berkeliaran dan bebas bergelantungan. Anda harus berhati-hati dengan kera disini. Mereka akan mengambil makanan atau barang yang Anda bawa secara paksa jika menarik perhatian.

Selain air terjun juga terdapat banyak wahana lain seperti, kolam pemandian alami, flying fox dan lain-lain.

Fasilitas yang disediakan juga terbilang cukup lengkap, mulai dari tempat parkir, mushola, toilet, kamar ganti dan warung makan.

Akses menuju Grojogan Sewu cukup menantang, banyak tanjakan yang berkelok, sehingga Anda perlu berhati-hati. Namun jangan khawatir, tantangan tersebut akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang indah dan luar biasa selama perjalanan.

Untuk mencapai lokasi Grojogan Sewu, Anda harus menempuh jarak sekitar 40 km dari Kota Solo dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 20 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Grojogan Sewu memiliki jam operasional setiap hari (Senin – Minggu) pukul 08.00-16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk (HTM) untuk wisatawan cukup terjangkau yakni Rp 22.000,- serta uang parkir Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Jika Anda tidak ingin barang atau helm Anda hilang, Anda dapat menitipkan helm dan barang bawaan Anda dengan biaya tambahan Rp 1.000,- per barang.

Source : dndsandyra.com
Penulis & Editor : Haya Azzura Rassya

Leave a Reply

Your email address will not be published.