Pelatihan Digital Marketing KKN 28 UMBY

Perluas Jangkauan Pemasaran, KKN 28 UMBY Kenalkan Strategi SEO

Magelang, dndsandyra.com – Pemanfaatan teknologi digital sangat berkembang tidak hanya sebagai media komunikasi jarak jauh, tetapi juga sebagai sarana pemasaran produk dan jasa di berbagai daerah di Indonesia, namun masih banyak daerah di Indonesia yang belum dapat digital marketing untuk memperluas jangkauan pemasaran.

Berdasarkan permasalahan tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 28 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) angkatan 41 melakukan program kerja memberikan workshop digital marketing dengan pemateri Setya Romana, S.TP.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu (03/08/2022) di Dusun Magersari, Kelurahan Pakis, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dengan peserta dari masyarakat khususnya pelaku bisnis dan pemuda Dusun Magersari.

Dalam pemaparannya, Setya menjelaskan tentang pelatihan bagaimana cara menggunakan strategi pemasaran dengan Search Engine Optimizer (SEO).

“Dengan menggunakan SEO dapat mempermudah konsumen dalam menemukan produk atau layanan yang ditawarkan oleh mesin pencarian seperti Google dan Yahoo,” tambahnya.

Otniel Teguh Saputra, Ketua KKN kelompok 28 UMBY menuturkan bahwa media yang dihadirkan dalam pelatihan tersebut menggunakan Google Maps sebagai medianya.

“Kami memperkenalkan media pemasaran dengan mencantumkan toko para pelaku bisnis di Google Maps sehingga konsumen dapat dengan mudah menemukannya,” jelas Otniel.

Alifatul, salah satu peserta workshop mengatakan, “Topik digital marketing belum pernah dilakukan di Dusun Magersari, kegiatan ini merupakan peluang besar bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.”

“Mempelajari lebih lanjut tentang strategi pemasaran dan penjualan akan memotivasi kami untuk memaksimalkan keuntungan kami,” tambah Alifatul.

Anief Fauzan Rosi, S.Kom., M.Eng., MCE., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) turut menyampaikan harapan atas terlaksananya workshop ini.

“Dengan adanya workshop ini diharapkan masyarakat Dusun Magersari dapat menerapkan ilmu dan pelatihan yang sudah diberikan,” ujar Anief.

“Saya berharap usaha yang dijalankan oleh masyarakat Dusun Magersari dapat berkembang dengan baik dan mengikuti perkembangan zaman digitalisasi,” tutup Anief.

Source : dndsandyra.com
Penulis: Lisa Anjarwati
Editor: Haya Azzura Rassya

Leave a Reply

Your email address will not be published.