Wanovy Hutapea Kiri Seusai Melaksanakan Magang Independen Bersertifikat

Program MBKM, Mahasiswa Informatika UMBY Magang di PT. LAPI ITB

Yogyakarta, dndsandyra.com – Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan serta meningkatkan kemampuan hardskill dan softskill dalam rangka pengembangan profesi di masa depan.

Wanovy Hutapea salah satu mahasiswa Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), melakukan program MBKM Magang di PT. LAPI ITB sejak tanggal 10 Februari hingga 11 Juli 2022.

Berdiri sejak 2004, PT. LAPI ITB merupakan salah satu unit usaha yang dimiliki Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berlokasi di Gedung B ITB, JL. Ganesa No. 15-B, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dalam program MBKM Magang, mahasiswa diberi kesempatan untuk mempelajari berbagai ilmu pengetahuan sebagai bekal memasuki dunia kerja baik secara teori maupun praktik.

Mutaqin Akbar, S.Kom., M.T., MCE., Kaprodi Informatika UMBY menjelaskan bahwa program ini merupakan program Magang MBKM yang dilaksanakan di instansi mitra luar kampus.

“Program MBKM Magang dilaksanakan selama kurang lebih 6 (enam) bulan atau 1 (satu) semester, sedangkan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan nantinya akan dikonversikan menjadi 20 SKS,” imbuhnya lagi.

Pada awal pelaksanaan program, diadakan pemaparan pengantar yang berisikan pengetahuan umum dan materi bidang seperti, materi komunikasi, etika profesi, kekayaan intelektual (HAKI). Dilanjutkan dengan pembekalan introduction operation system, desain Aplikasi UI/UX, pemaparan fullstack developer (front-end developer dan back-end developer), pengenalan bahsa pemrograman baru, serta semiconductor literacy program.

Setelah mendapatkan pelatihan, dibentuk divisi untuk mengerjakan project yang diberikan oleh mitra perusahaan.

Sebagai anggota divisi software engineer, Wanovy berkesempatan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi pengendari Smart Adaptor berbasis IoT serta membuat aplikasi management pengoptimalan pengisian baterai laptop.

“Saya sangat bersemangat dalam mengikuti program ini, karena dengan program ini saya mendapat bekal tambahan secara hard skill dan soft skill,” ungkap Wanovy.

“Saya berharap, program ini semakin berkembang sehingga dapat melatih mahasiswa yang berkualitas sebelum terjun ke dunia professional,” tambah Wanovy.

Source : dndsandyra.com
Editor : Haya Azzura Rassya

Leave a Reply

Your email address will not be published.