KKN 68 UMBY Selesai Ajari Anak di Dusun Dalangan Menabung

Mahasiswa KKN 68 UMBY Beri Edukasi Pentingnya Menabung Sejak Dini

Magelang, dndsandyra.com – Menabung merupakan kegiatan atau aktivitas menyisihkan separuh uang untuk disimpan agar dapat dipergunakan di masa depan.

Saat ini membeli barang bukanlah perkara yang sulit, terlebih jika berbelanja melalui e-commerce. Namun, kemudahan tersebut juga dapat menjadi bumerang yang menyebabkan pemborosan jika tidak pandai mengelola keuangan.

Mengingat pentingnya menabung sejak dini, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN – PPM) kelompok 68 Angkatan 41 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan sosialisasi menabung sejak dini kepada anak-anak di Dusun Dalangan, Kel. Kragilan. Kec. Pakis, Magelang pada Kamis, (04/08/2022).

Ajeng selaku ketua KKN UMBY kelompok 68 menyampaikan, bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menanamkan pendidikan karakter dengan memberikan edukasi pada anak mengenai pentingnya menabung sedini mungkin.

“Harapannya agar anak-anak nantinya dapat belajar bagaimana mengatur dan mengolah keuangannya sendiri, sehingga mereka tidak terbiasa mengeluarkan uang untuk membeli barang yang kurang bermanfaat di masa depan,” tambah Ajeng.

Eka Yuniarti selaku penanggung jawab program menyampaikan, bahwa program ini diselenggarakan mengingat saat ini kebanyakan anak-anak cenderung boros dalam membelanjakan uang.

“Menabung dapat menjadi salah satu alternatif untuk membangun kebiasaan berhemat sejak dini, agar anak-anak mengerti akan pentingnya menyimpan uang untuk masa depan,” jelas Eka.

“Menabung juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengelola atau memanajemen uang,” imbuhnya lagi.

Senada dengan Eka, M. Nastain, S.Sos.I., M.I.Kom., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN kelompok 68 menyampaikan, bahwa kesadaran menabung pada anak-anak masih tergolong rendah.

 “Program ini sangat bagus untuk dilakukan, mengingat zaman sekarang minat menabung khususnya untuk usia anak-anak masih terbilang rendah,” tutur Nastain.

Kegiatan sosialisasi ini juga disambut baik oleh Andi, selaku Kadus Dusun Dalangan.

“Saya berharap, melalui kegiatan ini anak-anak bisa lebih paham pentingnya berhemat dan menabung, sehingga anak-anak menjadi lebih bijak dalam membelanjakan uang,” ungkap Andi.

Antusiasme anak-anak Dusun Dalangan sangat tinggi, dilihat dari wajah ceria serta banyaknya peserta yang datang.

Orang tua peserta juga ikut hadir mendampingi anak mereka dengan harapan agar anaknya bisa memahami dan menanamkan kebiasaan berhemat dan menabung sejak dini.

Salah satu orang tua peserta turut mengamini sekaligus menyampaikan rasa terima kasih atas diadakannya kegiatan sosialisasi ini.

“Saya juga berterima kasih kepada mahasiswa KKN kelompok 68 UMBY atas diadakannya sosialisasi ini. Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi kita semua, khususnya anak-anak disini. Amin,” tutur salah satu orang tua peserta.

Source : dndsasndyra.com
Penulis : Chrismes Wempi
Editor : Naf’iyatul Muflihah Annasihah

Leave a Reply

Your email address will not be published.