sosialisasi kesehatan kkn 59 umby

Hindari Stress Saat Pandemi Mahasiswa KKN 59 UMBY Sosialisasikan Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik Dan Mental

Yogyakarta, dndsandyra.com – Pada masa ini menjaga kesehatan adalah hal yang wajib dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19. Bukan hanya fisik, kesehatan mental saat pandemi Covid-19 juga sama pentingnya untuk dijaga. Sejak pandemi terjadi, banyak sekali tatanan kehidupan masyarakat yang harus diubah, lebih lagi dengan kebijakan pemerintah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) guna membatasi kegiatan masyarakat.

Permasalahan tersebut mengharuskan masyarakat untuk beradaptasi dengan pola hidup yang baru. Pandemi tidak hanya menyebabkan penyakit fisik saja, dampak psikologis seperti stress, cemas, depresi juga banyak dirasakan oleh sebagian masyarakat.

Dengan kondisi tersebut, maka mahasiswa KKN-PPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kelompok 59 dengan didampingi dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Nanang Khuzaini, S. Pd. Si., M. Pd, mengadakan sosialisasi “Menjaga Kesehatan Fisik dan Kesehatan Mental Di Masa Pandemi” pada hari Minggu (8/8/2021) yang diadakan di Posyandu tepatnya di Dusun Somokaton, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Program KKN ini dilaksanakan dengan memberikan sosialisasi edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, pola hidup sehat seperti makanan seimbang serta menjaga kesehatan mental di masa pandemi.

Tak hanya itu, setelah selesai sosialisasi TIM KKN UMBY juga dilakukan kegiatan Posyandu dengan pemeriksaan anak-anak dan lansia. Pemeriksaan anak dimulai dengan mengukur berat badan, lingkar kepala, lingkar lengan dan tinggi badan, setelah itu dibagikan vitamin serta makanan 4 sehat 5 sempurna. Sedangkan untuk lansia dilakukan pemeriksaan berat badan dan pengecekan tensi.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan kesadaran dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang menjaga kebersihan lingkungan, pola hidup sehat dan pentingnya menjaga kesehatan fisik melainkan juga mental, terutama di masa pandemi.

Source : dndsandyra.com
Penulis : Afif
Editor : DnD

Leave a Reply

Your email address will not be published.