Home / Berita / Kegiatan / Kesehatan

Jumat, 27 Agustus 2021 - 18:03 WIB

Mahasiswa KKN UMBY Kelompok 105 Ajak Pedagang Pasar Pakem Selalu Taati ProKes

Yogyakarta, dndsandyra.com – Selain menerapkan protokol kesehatan, menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit merupakan prioritas di masa pandemi. Terlebih lagi bagi mereka yang melakukan aktivitas di luar dan bertemu dengan banyak orang.

Misalnya para pedagang di Pasar Pakem berlokasi di Jl. Kaliurang Km.17, Pakemgede, Pakembinangun, Pakem, Sleman. Pasar ini merupakan salah satu dari sekian pasar di wilayah Yogyakarta yang ikut terkena dampak dari pandemi Covid-19.

Mahasiswa KKN kelompok 105 dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), dalam kunjungan observasinya ke pasar Pakem, menuturkan bahwa suasana pasar jauh lebih tenang dan cenderung sepi pengunjung. Hal ini terjadi karena kekhawatiran masyarakat untuk berbelanja di pasar, sehingga lebih memilih menggunakan alternatif lain. Menurunnya tingkat pengunjung pasar berpengaruh besar terhadap perekonomian pedagang, tetapi para pedagang di Pasar Pakem tetap melakukan akitivitas berdagang dengan tetap patuh menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga :   Tumbuhkan Motivasi Mahasiswa, Himatepa UMBY Adakan Sharing Session dan Makrab

Berkaitan dengan hal tersebut, mahasiswa KKN UMBY kelompok 105 membagikan sejumlah 200 paket sederhana berupa masker, hand sanitizer dan vitamin kepada pedagang di pasar Pakem (8/8/2021).

“Kegiatan ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari program kerja sebelumnya, seperti yang telah dilakukan pada minggu pertama kunjungan di Pasar Pakem (25/7/2021)” ungkap Dhea Mahanani Sasanti.

Izzah Endu Fachrima selaku penanggung jawab program kerja KKN menyampaikan, “tujuan dari pembagian masker ini merupakan salah satu bentuk dukungan dan kepedulian kami terhadap para pedagang di pasar Pakem agar selalu mentaati prokes”.

Baca Juga :   Bersama Masyarakat Mahasiswa KKN PPM UMBY Kelompok 14 Wujudkan Film Dengan Tajuk Karanggayam Beradaptasi di Tengah Pandemi

Tidak hanya itu, kelompok 105 KKN UMBY juga memberikan sosialisasi mengenai hidup sehat dan upaya agar terhindar dari penyakit di masa pandemi, menempelkan poster tentang cara mencuci tangan dan memakai masker yang baik dan benar, memperbaiki wastafel di beberapa titik di pasar serta mengisi ulang sabun cuci tangan.

Kegiatan KKN UMBY kelompok 105 yang didampingi oleh Mushawir, S.E., M.M. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ini berlangsung pada periode 21 juli – 27 Agustus 2021. Meski demikian, mereka berharap supaya para pedagang di Pasar Pakem tetap menerapkan prokes dan upaya hidup sehat.

Source : dndsandyra.com
Penulis : Yuyun Sagita Simbolon
Editor : DnD

Share :

Baca Juga

TIM PkM UMBY sosialisasikan kerjasama IT

Berita

Tim PkM UMBY Sosialisasikan Program Kerjasama Bidang IT Di SMK Maarif 1 Temon
Kuliah Umum UNU

Berita

UNU Yogyakarta Sukses Gelar Kuliah Umum Analitika Media Sosial
sosialisasi kesehatan kkn 59 umby

Berita

Hindari Stress Saat Pandemi Mahasiswa KKN 59 UMBY Sosialisasikan Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik Dan Mental
MOU ADITIF dan APTIOM

Berita

Dukung Implementasi MBKM, ADITIF dan APTIKOM DIY Lakukan Penandatanganan MOU
umby angudi mulyaning bangsa

Berita

Angudi Mulyaning Bangsa, Sebuah Refleksi Dari Probosutedjo
kegiatan pembelajaran kkn 12

Berita

Mahasiswa KKN UMBY Kelompok 12 Ciptakan Rumah Belajar Untuk Anak Di Dusun Surobayan
Acara Penyambutan Maba dan IGTC PMat FKIP

Berita

HIMATIKA UMBY Gelar Penyambutan Maba dan IGTC
webinar fikomm mbkm

Berita

Implementasi MBKM : Tantangan, Tata Kelola, dan Kesiapan Industri