Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Pesona Tersembunyi Pantai Krakal

Yogyakarta, dndsandyra.com – Yogyakarta menawarkan keindahan wisata yang luar biasa di deretan pantai selatan. Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta dan memiliki banyak destinasi wisata pantai dengan panorama yang indah, salah satunya adalah Pantai Krakal.

Pantai Krakal terletak di  Ngestirejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta, Pantai Krakal merupakan pantai pasir putih dengan tebing karang yang menghiasi Sebagian besar garis pantai.

Pantai ini memiliki keunikan dari segi biota laut di pantainya. Sehingga, banyak wisatawan berburu biota laut menggunakan alat kecil berbentuk jaring yang dijual oleh pedagang pesisir pantai.

Selain menawarkan berbagai biota laut, pantai ini memiliki sejarah unik. Pantai Krakal memiliki garis pantai yang landai dengan ombak yang jernih.

Keunikan Pantai Krakal tidak terlepas dari masa lalu. Pantai ini dulunya berada di bawah permukaan laut dan mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Pergerakan bumi, dibantu oleh peristiwa epirogenesa negatif mengakibatkan naiknya lapisan bumi. Awalnya, Pantai Krakal tersembunyi di bawah laut, namun akhirnya muncul ke permukaan air dengan keunikannya yang menarik wisatawan domestik dan mancanegara.

Seperti destinasi wisata lainnya, pantai ini menawarkan panorama yang indah. Wisatawan biasanya datang dari pagi saat matahari terbit hingga sore hari saat matahari terbenam.

Tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, Anda bisa menikmati olahan seafood di sini.

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di pantai ini adalah berselancar. Namun, perlu diingat bahwa kegiatan ini tidak selalu dapat dilakukan. Ombak yang terlalu tinggi justru dapat membahayaka peselancar.

Fasilitas yang disediakan juga terbilang cukup lengkap, antara lain tempat parkir, pendopo, mushola, toilet, warung makan bahkan penginapan.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Krakal tidak perlu khawatir, akses menuju Pantai Krakal berjarak kurang lebih 65 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta dan memakan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan mobil.

Pantai Krakal menerapkan jam operasional selama 24 jam. Harga tiket masuk Pantai Krakal adalah Rp 10.000. Tiket ini merupakan tiket masuk satu kali ke beberapa pantai terdekat seperti Pantai Baron, Pantai Drini, Pantai Ngobaran, Pantai Sepanjang, Pantai Pok Tunggal dan Pantai Kukup.

Namun, HTM tersebut tidak termasuk biaya parkir. Retribusi parkir di Pantai Krakal terbilang murah yaitu Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Source : dndsandyra.com
Penulis & Editor : Haya Azzura Rasya

Leave a Reply

Your email address will not be published.