sosialisasi covid kkn 33

Mahasiswa KKN PPM UMBY 33 Sosialisasikan Pencegahan Penularan Covid 19 Di Dusun Manggung

Yogyakarta, dndsandyra.com – Dunia yang sedang menghadapi masalah besar, yaitu pandemik Covid-19 yang menyebar dimana mana. Hampir semua aspek kehidupan mengalami perubahan yang semakin hari semakin mengkhawatirkan. Pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan untuk melakukan pencegahan covid-19, salah satunya meliburkan aktivitas (tatap muka) seluruh lembaga-lembaga pendidikan, hal ini dilakukan sebagai upaya-upaya pencegahan penularan virus corona atau Covid-19.

Selain itu untuk bersosialisasi pun terbatas karena harus mematuhi protokol kesehatan, dengan membatasi kerumunan dan menjaga jarak minimal 1 meter. Hal ini dilakukan sebagai upaya-upaya pencegahan penularan virus corona atau Covid-19.

Dengan latar belakang masalah tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata – Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN – PPM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Kelompok 33 berinisiatif untuk mensosialisasikan pencegahan penularan Covid 19 dengan melakukan pemasangan spanduk di dusun Manggung Wukirsari Imogiri Bantul.

Poin utama dari sosialisi yang dilakukan menggunakan spanduk ini yang berisikan “Pencegahan dan Tangkal Covid-19 dengan 5M”, yaitu masyarakat agar tetap :

  1. Mencuci tangan selama 20 detik beberapa kali sehari dengan sabun,
  2. Memakai masker disaat keluar rumah, karena virus ini mudah untuk menular ke orang terdekat. Jika ada keluarga yang sedang terinfeksi virus atau sedang sakit lebih baik menggunakan masker di dalam rumah.
  3. Menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain untuk menghindari terkena droplets dari orang yang bicara, batuk, atau bersin, serta
  4. Menghindari kerumunan, keramaian, dan berdesakan.
  5. Membatasi mobilitas dan interaksi, virus penyebab corona bisa berada di mana saja.

A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Kelompok 33, menambahkan bahwa pencegahan Covid-19 memang harus selalu disosialisasikan, semoga dengan sosialisasi seperti yang telah dilakukan tersebut, masyarakat lebih berupaya untuk mematuhi protokol kesehatan.

Source : dndsandyra.com
Penulis : Edytha Millenianasari & I Made Youngki Alexander
Editor : DnD

Leave a Reply

Your email address will not be published.