KKN 48 UMBY Membagikan Masker Di Pasar Demangan

Mahasiswa KKN 48 UMBY Edukasi Pedagang Di Pasar Demangan

Yogyakarta, dndsandyra.com – Bagi sebagian masyarakat menengah ke bawah keberadaan pasar tradisional sangat penting, selain mudah ditemui, harga kebutuhan di pasar tradisional relatif lebih murah jika dibandingkan dengan supermarket atau swalayan.

Sayangnya, banyak sekali fasilitas di pasar tradisional yang kurang memadai dan jauh dari kondisi yang layak bagi pengunjung dan pedagang itu sendiri, baik dari sisi kebersihan maupun fungsinya. Padahal jika pasar bersih dan rapi akan menjadi daya tarik bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan daya beli bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Selain itu, juga banyak ditemui pedagang pasar yang masih mengabaikan protokol kesehatan dan tidak mengerti bagaimana cara memakai masker yang baik dan benar, padahal saat ini covid tengah melonjak drastis.

Untuk itu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kelompok 48, melakukan serangkaian kegiatan di Pasar Demangan yang berlokasi di Jl. Affandi No.345, Demangan, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Salah satunya, mahasiswa KKN kelompok 48 UMBY tersebut memberikan edukasi mengenai pemakaian masker dan cuci tangan yang baik dan benar, serta pembagian masker selama KKN berlangsung.

Selain itu, beberapa kegiatan lain yang dilakukan antara lain melakukan kegiatan minggu bersih untuk membersihkan mushola dan wc, pengadaan barang untuk  melengkapi fasilitas  yang ada seperti kipas angin, tempat sabun cuci tangan, CCTV, serta beberapa seragam yang dapat digunakan petugas di Pasar Demangan.

Desi Ratnaningsih selaku ketua kelompok KKN mengatakan, bahwa program kerja ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan pasar dan mematuhi protokol kesehatan.

“Kami berharap, nantinya para pedagang pasar selalu mengutamakan protokol kesehatan untuk  meminimalisir tertularnya virus covid-19, ” tutur Desi.

“Dengan adanya beberapa program yang kami buat untuk menjaga kebersihan lingkungan serta keamanan pasar, semoga dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat (pembeli) selama berbelanja di Pasar Demangan, dengan begitu dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan perekonomian pasar,” tutur Desi.

Perlu diketahui bahwa KKN UMBY kelompok 48 merupakan bimbingan Imam Suharjo, S.T., M.Eng., dengan beranggotakan 11 orang mahasiswa. Kegiatan KKN dimulai sejak tanggal 20 Januari sampai 18 Februari 2022.

Source : dndsandyra.com
Editor : Widarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.