Home / Berita / Kegiatan

Kamis, 23 September 2021 - 11:44 WIB

FTI UMBY Dampingi Pengembangan Master Plan IT Di SMK Ma’arif 1 Temon

Yogyakarta, dndsandyra.com – Dengan pesatnya kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kehidupan kita sehari-hari. Apalagi di lembaga pendidikan seperti SMK, keterlibatan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari tidak akan dapat dielakkan.

Sehingga perlu perencanaan matang terkait pengembangan Information Technology (IT), agar nantinya pemanfaatan IT dapat lebih dimaksimalkan untuk menunjang proses pembelajaran dan pengelolaan IT di SMK Maarif 1 Temon.

Hal tersebut mendorong Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng., MCE. dan A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng., MCE., yang merupakan dosen Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (FTI UMBY), melakukan pengabdian masyarakat dengan melakukan pendampingan pengembangan master plan IT di SMK Ma’arif 1 Temon.

Master Plan pengembangan IT merupakan sebuah dokumen perencanaan yang dibuat oleh unit/divisi Teknologi Informasi suatu institusi/instansi/perusahaan sebagai panduan jangka panjang terkait inisiatif proyek, anggaran, kepegawaian, dan inisiatif terkait strategi IT lainnya dalam mendukung pencapaian visi dan misi institusi/instansi/perusahaan.

Baca Juga :   Implementasikan MBKM, Pendidikan Matematika UMBY Jalin Kerjasama Dengan UNIQHBA

Dengan adanya Master Plan IT, berarti perancangaan pengembangan IT kedepannya sudah matang, sehingga nantinya proyek dan investasi IT yang akan dilakukan menjadi lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan utama institusi/instansi/perusahaan.

Kegiatan pendampingan dilaksakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom pada hari Rabu (22/09/21), dan berlangsung dari pukul 10.00 sampai 12.00 WIB.

Kegiatan diawali dengan penjelasan konsep awal pembangunan portal SMK Ma’arif 1 Temon oleh A. Sidiq Purnomo, dan dilanjutkan dengan pemaparan rencana penataan master plan IT beberapa tahun ke depan oleh Anief Fauzan Rozi.

Pihak sekolah sangat antusias sekali dengan kegiatan ini. Seperti disampaikan oleh Uji Wardoyo, S.Kom., selaku guru dan pengelola IT di SMK Ma’arif 1 Temon, “bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan kami di sekolah. Selama ini website dan tata kelola IT di SMK Ma’arif 1 Temon masih terbengkelai, sehingga nantinya dapat memaksimalkan penggunaan IT dalam pengelolaan sekolah.”

Baca Juga :   UNU Yogyakarta Sukses Gelar Kuliah Umum Analitika Media Sosial

“Pihak sekolah juga akan selalu siap untuk membantu civitas academica UMBY untuk melakukan program pendidikan, penelitian, maupun pengabdian masyarakat.” tambah Yudwi Antoro Wibowo, S.Si.

“Melalui pendampingan ini diharapkan nantinya pengelolaan IT di SMK Ma’arif 1 Temon dapat lebih terarah dan lebih matang. Sehingga nantinya penggunaan IT dapat mengakomodasi seluruh kegiatan yang ada di SMK Ma’arif 1 Temon.” Ujar Anief Fauzan Rozi.

Source : dndsandyra.com
Editor : Widarta

Share :

Baca Juga

sosialisasi kesehatan kkn 59 umby

Berita

Hindari Stress Saat Pandemi Mahasiswa KKN 59 UMBY Sosialisasikan Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik Dan Mental
Pelatihan HKI UMBY

Berita

Bangkitkan Inovasi Akademisi, UMBY Gelar Webinar HKI
MOU ADITIF dan APTIOM

Berita

Dukung Implementasi MBKM, ADITIF dan APTIKOM DIY Lakukan Penandatanganan MOU
webinar ojs

Berita

Tingkatkan Pengelolaan Jurnal, UMBY Kirim Dosen Mengikuti Workshop
LSP UMBY_Workshop 6-7 Okt 2021

Berita

LSP UMBY Seleggarakan Workshop Persiapan Asesor Kompetensi
instagram gelangku idi

Berita

Peran Teknologi Terhadap Perkembangan Ekonomi Digital
kegiatan kkn tematik pasar 105 umby

Berita

Mahasiswa KKN UMBY Kelompok 105 Ajak Pedagang Pasar Pakem Selalu Taati ProKes
fgd industri x kampus

Berita

ADITIF dan FTI UMBY Selenggarakan Forum Bahas Integrasi MBKM Antara Perguruan Tinggi dan Industri