Ekowisata Sungai Mudal

Pesona Ekowisata Sungai Mudal Kulonprogo

Yogyakarta, dndsandyra.com – Ekowisata Sungai Mudal merupakan salah satu destinasi wisata taman air di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dengan berbagai daya tariknya, wisata yang merupakan binaan PT PLN (Persero) ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Ekowisata Sungai Mudal yang terletak di Pedukuhan Banyunganti dan Pedukuhan Gunungkelir, Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo ini bisa dibilang tak pernah sepi dengan pengunjung.

Kondisi alam yang masih alami dan letaknya yang berada di dataran tinggi barisan bukit menoreh, menjadikan suasana di Ekowisata Sungai Mudal sangat asri dan sejuk.

Selain kondisi alamnya yang masih terjaga, Ekowisata Sungai Mudal memiliki air yang sangat jernih (berwarna toska) dari mata air pegunungan Menoreh.

Ekowisata Sungai Mudal memiliki banyak daya tarik seperti air terjun, kolam pemandian alami (memiliki beberapa kolam bertingkat dengan tingkat kedalaman yang berbeda-beda), kemping area, outboundtracking, rappelling, wahana permainan flying fox, flying fox selfi, zip bike (sepeda gantung), treetop anak-anak, taman, dan lain lain.

Sedangkan fasilitas yang disediakan juga terbilang cukup lengkap, mulai dari tempat parkir (2 tempat), pendopo untuk tempat pertemuan, pendopo sekolah sungai dan perpustakaan ESM, gazebo untuk istirahat, mushola, toilet dan kamar ganti, wifi area, warung souvenir dan warung makan.

Akses menuju Ekowisata Sungai Mudal cukup menantang, rute yang ditempuh banyak tanjakan yang berkelok dengan kiri dan kanan jalan adalah jurang, sehingga Anda harus berhati-hati. Namun jangan khawatir, tantangan tersebut akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang indah dan luar biasa selama perjalanan.

Jika Anda berniat menggunakan kendaraan pribadi, sebelum berangkat pastikan terlebih dahulu kondisi kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi baik terutama kondisi pengereman kendaraan.

Untuk mencapai lokasi Ekowisata Sungai Mudal, Anda harus menempuh jarak kurang lebih 32 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Ekowisata Sungai Mudal memiliki jam operasional setiap hari (Senin-Minggu) pukul 08.00-16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk (HTM) untuk wisatawan cukup terjangkau yakni Rp 10000,-per-orang, serta uang parkir Rp 2000,- untuk motor dan Rp 5000,- ribu untuk mobil.

Bagi Anda yang ingin berkunjung juga tidak perlu khawatir, karena Ekowisata Sungai Mudal sudah memiliki sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sejak 22 September 2021, sehingga bisa dipastikan sesuai dengan protokol kesehatan dan panduan yang ada dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Bagaimana, apakah Anda tertarik berkunjung ke Ekowisata Sungai Mudal ?

Source : dndsandyra.com
Editor : DnD

Leave a Reply

Your email address will not be published.