Gunung Andong Magelang Jawa Tengah

Panorama Eksotis Di Atas Puncak Gunung Andong

Semarang, dndsandyra.com – Apakah Anda memiliki hobi mendaki gunung? Gunung Andong bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda jelajahi.

Gunung Andong merupakan salah satu gunung yang menjadi destinasi wisata pendakian gunung dan digemari banyak orang.

Gunung ini juga terkenal dengan pemandangan hamparan awan yang sangat luas. Dari puncak gunung, Anda bisa menikmati hamparan awan putih yang tak terhalang.

Gunung Andong terletak di antara Desa Ngablak dan Tlogorejo, tepatnya di Dusun Sawit, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah dan memiliki ketinggian 1.726 mdpl.

Terdapat beberapa jalur pendakian tercepat yang bisa dipilih untuk mendaki Gunung Andong, namun masing-masing jalur memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Jalur pendakian Gunung Andong terdiri dari tiga jalur yaitu jalur pendakian Gunung Andong Via Sawit, jalur pendakian Via Gogik, dan jalur pendakian Via Pendem. Namun, apapun jalur pendakian yang Anda pilih, Anda harus memiliki fisik yang kuat dan perlengkapan yang tepat.

Gunung Andong dengan pesona yang luar biasa. Tidak diragukan lagi, jika itu menjadi salah satu impian pendakian di Indonesia.

Pendakian singkat dimungkinkan di sini, dan pemandangan dari puncak Gunung Andong dapat memanjakan mata Anda.

Gunung Andong merupakan gunung yang aman bahkan untuk pendaki pemula karena jalannya tidak terjal. Namun, kehati-hatian diperlukan saat mendaki di tengah hujan. Karena jalur pendakian sangat licin saat basah.

Gunung Andong memiliki keunikan tersendiri yaitu empat puncak sekaligus yaitu Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Andong, dan Puncak Alap-alap. Hal inilah yang membedakan Gunung Andong dengan gunung lainnya.

Gunung Andong menawarkan pemandangan 360 derajat yang sangat indah saat Anda berada di puncak. Disana Anda akan disuguhi panorama Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Ungaran, serta Gunung Telomoyo.

Jika Anda cukup beruntung tepat saat cuaca cerah ketika mendaki Gunung Andong, Anda masih bisa melihat pemandangan Gunung Slamet.

Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, mulai dari tempat parkir di dekat basecamp, toilet di basecamp dan di puncak gunung, masjid yang bersih dan luas serta  warung yang terdapat di puncak.

Jadi Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa logistik yang cukup karena fasilitas Gunung Andong sudah lengkap. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

Gunung Andong memiliki jam operasional setiap hari dan dapat diakses 24 jam bagi para pendaki.

Gunung Andong juga memiliki lahan untuk camping, meski puncaknya tidak terlalu luas, kegiatan camping ini tetap menjadi kegiatan favorit bagi pendaki.

Ditempatkan di puncak Gunung Andong, tenda-tenda itu membentuk panorama tenda berwarna-warni yang indah.

Dari puncak Gunung Andong, Anda bisa melihat keindahan sunset dan gemerlap lampu pusat kota yang berubah menjadi butiran cahaya indah di malam hari.

Selain itu, camping di Gunung Andong juga cocok bagi Anda yang ingin menikmati suasana dingin pegunungan dan menunggu momen matahari terbit di ufuk Timur pada pagi hari. Di mana momen Golden Sunrise menjadi hal yang dicari dalam pendakian Gunung Andong. 

Bagi Anda yang ingin mendaki Gunung Andong akan dikenakan biaya masuk Rp 15000,- untuk tiket masuk, serta biaya parkir Rp 5000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 10000,- unruk kendaraan roda empat.

Istimewa sekali bukan mendaki ke Gunung Andong?

Source : ย dndsandyra.com
Kontributor : Putri Adella Maharani
Editor : Haya Azzura Rassya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *