KKN 36 UMBY Beri Pelatihan Digital Marketing

Dorong Pelaku UMKM, KKN 36 UMBY Beri Pelatihan Digital Marketing

Yogyakarta, dndsandyra.com – Di tengah pandemi Covid-19 membuat ekonomi di Indonesia menurun, tak terkecuali para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal tersebut mengharuskan para pelaku UMKM melakukan berbagai cara agar dapat bertahan di tengah masa pandemi.

Dari permasalahan tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 36 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) angkatan 40 melakukan program kerja dengan memberikan pelatihan digital marketing dan pembuatan logo kepada UMKM di Padukuhan Tilaman, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul, DI. Yogyakarta.

Kegiatan ini dibagi menjadi 2 (dua) sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada hari Sabtu (05/02/2022), materi yang disampaikan mengenai digital marketing dengan memanfaatkan media sosial sebagai peluang usaha. Sedangkan sesi kedua dilaksanakan pada hari Minggu (06/02/2022), materi yang disampaikan mengenai logo dan packaging kemasan produk.  

Untuk mempermudah pemahaman peserta pelatihan, di setiap sesi setelah penyampaian materi juga diberikan praktik secara langsung dan disediakan forum diskusi.

Pelatihan digital marketing ini dihadiri oleh 11 UMKM yang memiliki usahan rumahan mulai dari makanan kering, makanan basah, aksesoris hingga deterjen cair.

Salsabillah Addyssaputri selaku ketua menyampaikan, bahwa pelatihan ini digunakan untuk mengenalkan digital marketing pada pelaku UMKM sebagai salah satu cara yang dapat digunakan untuk menawarkan produk yang dijual.

“Dalam pelatihan ini diajarkan bagaimana memaksimalkan media sosial untuk mengembangkan bisnis. Selain itu, dalam pelatihan ini juga diberikan materi mengenai pembuatan desain logo dan praktik pembuatan desain packaging secara langsung,” jelas Salsabillah.

“Dengan adanya logo pada masing-masing produk, diharapkan dapat membantu membangun persepsi awal calon konsumen pada produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM di Padukuhan Tilaman,” imbuh Meilanie Chrislamtarye G Selaku penanggung jawab program kerja.

Program kerja yang dilakukan mahasiswa KKN Kelompok 36 UMBY mendapatkan apresiasi dari UMKM Padukuhan Tilaman.

Tutik salah satu pelaku UMKM selaku pemilik usaha aksesoris, merasa senang dengan adanya pelatihan yang diberikan oleh mahasiswa KKN Kelompok 36 UMBY.

“Alhamdulillah dengan adanya pendampingan UMKM kita dapat mengetahui apa itu digital marketing, selain itu juga dibantu membuat logo dan diajari packaging produk dengan baik,” ungkap Tutik.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng., menyampaikan bahwa saat ini salah satu cara yang dapat digunakan untuk memulihkan perekonomian adalah dengan mempelajari dan menerapkan digital marketing.

“Semoga dengan kegiatan pelatihan digital marketing yang telah diberikan oleh teman-teman mahasiswa KKN kelompok 36 UMBY, harapannya dapat membantu mitra UMKM untuk memberikan peluang baru dalam memaksimalkan pemasaran dan memulihkan perekonomian di masa pandemi Covid-19,” ungkap Sidiq.

Perlu diketahui bahwa anggota KKN UMBY kelompok 36 terdiri dari Adelia Angellietha Gandhi, Chandra Basar Ramadhan, Paulus Marianus Moan Jawa, Salsabillah Addyssa Putri, Patrisius Deta Bulu, Veren Oktarisa, Meilanie Chrislantarye Goenawan, Nuranisatul Adibah Mardhootillah.

Source : dndsandyra.com
Editor : Haya Azzura Rasya

Leave a Reply

Your email address will not be published.