Pelatihan UMBY budidaya ayam kampung

Pengabdian UMBY, Berdayakan Kelompok Ternak Ayam Kampung Di Sumberarum

Yogyakarta, dndsandyra.com – Tim Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat di Pedukuhan Puluhan, Sumberarum, Moyodan, Sleman Yogyakarta, dengan melakukan pelatihan dan pendampingan kepada peternak ayam kampung di Pedukuhan Puluhan, Sumberarum, Moyodan, Sleman, Yogyakarta.

Pelatihan yang dilaksanakan pada minggu (19/9/2021) ini, diikuti oleh 12 orang peternak ayam kampung di Pedukuhan Puluhan, yang sebagian anggotanya merupakan ibu-ibu rumah tangga.

Ketua tim PkM UMBY, Ir. FX Suwarta, M.P., menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan beternak ayam kampung, terutama teknis pemeliharaan dan manajemen pencegahan, dan pengobatan penyakit.

“Hal tersebut mengingat bahwa, ayam kampung merupakan ternak yang dapat dipelihara dengan pakan lokal, dapat memberikan manfaat ekonomi, serta menjadi sumber pangan keluarga di tengah pandemi covid-19.“ imbuhnya lagi.

Kegiatan pelatihan diawali dengan pelatihan penetasan dan pakan ayam kampung oleh  Ir. FX suwarta, M.P.,  dilanjutkan  dengan pengetahuan bahan herbal sebagai tanaman obat oleh Dr. Ch. Lilis Suryani , S.TP., dan diakhiri dengan penyampaian materi  mengenai pengobatan penyakit ayam disampaikan oleh Ir. Lukman Amien, M.P.

Berdasarkan hasil diskusi dengan para peserta mengenai permasalahan yang dihadapi oleh peternak ayam kampung, pada umumnya adalah rendahnya produktivitas ayam,  mahalnya biaya pakan ternak, dan tingginya angka kematian.

Sehingga diperlukan adanya sentuhan teknologi, dari cara memelihara ayam secara ekstensif menjadi semi intensif, serta memperbaiki kinerja unggas dengan memberikan pakan yang dibuat dari bahan lokal dan herbal.

Peserta juga sangat antusias sekali dalam mengikuti pelatihan. Seperti yang disampaikan oleh salah satu peserta, “bahwa pelatihan tersebut memberikan pengetahuan dan ketrampilan baru, karena selama ini  mereka  kurang memperhatikan tatakelola, sehingga  produktivitas ternaknya sangat rendah dan banyak yang mati.”.

Selain itu, dalam pelatihan ini juga diberikan bantuan modal kerja berupa kandang ayam dan  bibit ayam kampung kepada para peternak.

Source : dndsandyra.com
Editor : Widarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.