Pelepasan Mahasiswa KKN PPM UMBY Angkatan 41

Pelepasan KKN PPM Angkatan 41, Rektor UMBY Berharap Mahasiswa Dapat Membantu Masyarakat

Yogyakarta, dndsandyra.com – Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan Penerjunan Kuliah Kerja Nyata – Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Angkatan 41 secara daring pada Senin (25/07/2022) melalui kanal Youtube KKN PPM UMBY.

KKN PPM PPM ini diikuti 1012 peserta dan terbagi dalam empat kategori KKN PPM yaitu, 57 kelompok KKN PPM Reguler di wilayah Kecamatan Pakis, Magelang, Jawa Tengah, 19 kelompok KKN PPM Mandiri yang bertugas di UMKM dan Desa Wisata, 4 kelompok KKN PPM Penugasan Khusus yang bertugas di Kelompok Binaan Difabel dan Badan Usaha Milik Desa serta 17 kelompok KKN PPM Tematik yang bertugas di Pasar Kodya Yogyakarta.

Penerjunan KKN PPM UMBY Angkatan 41 ini diisi oleh sambutan-sambutan yaitu dari Koordinator KKN PPM UMBY, Luky Kurniawan, S.Pd., M.Pd., sambutan dari Kepala Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama (P3MK) UMBY, Awan Santosa, S.E., M.Sc., dan sambutan sekaligus pelepasan KKN PPM oleh Rektor UMBY Dr. Agus Slamet S.TP., M.P.

Dalam sambutannya, Agus menyampaikan bahwa pelaksanaan KKN PPM merupakan sarana pembelajaran bagi mahasiswa, sehingga peserta KKN PPM hendaknya memanfaatkan momen ini semaksimal mungkin.

“Pelaksanaan KKN PPM bagi mahasiswa merupakan sarana belajar, mengajar dan menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama berkuliah di UMBY. Tentunya pengabdian kepada masyarakat tidak bisa dilakukan oleh mahasiswa saja, sehingga ditetapkan tujuan KKN PPM. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan interaksi dengan masyarakat,” kata Agus.

“Kami berharap dengan menemukan akar permasalahan dan memberikan solusi untuk mengatasinya, kami dapat membantu masyarakat mengatasi permasalahan yang mereka hadapi,” tambah Agus.

Senada dengan itu, Awan Santosa SE., M.Sc., selaku Kepala P3MK UMBY berpesan untuk meningkatkan semangat dan menjaga sikap selama pelaksanaan KKN PPM.

“Kami berharap mahasiswa KKN PPM tetap menjaga sikapnya dalam melaksanakan KKN PPM agar muncul banyak inovasi, terobosan dan juga program alternatif di lokasi KKN PPM,” tutur Awan.

Di sisi lain, Koordinator KKN PPM UMBY, Luky Kurniawan, S.Pd., M.Pd., mengkaji permasalahan dan kemungkinan masing-masing lokasi, merangkumnya berdasarkan analisis kebutuhan masnyarakat, sehingga masyarakat akan antusias mengikuti kegiatan KKN PPM – PPM karena merasa membutuhkan.

“Dengan memberikan solusi kepada masyarakat berbasis analisis situasi, kebutuhan, tantangan dan persoalan yang ada di masyarakat, kemudian melakukan kegiatan yang mampu memberdayakan masyarakat pada strata ekonomi, sosial dan budaya serta melakukan alih teknologi, ilmu dan seni kepada masyarakat untuk mengembangkan martabat manusia berkeadilan, inklusi, sosial dan kelestarian Sumber Daya Alam,” ujar Luky.

Luky berharap, peserta KKN PPM bisa berperan aktif dalam melaksanakan program KKN PPM dan memberikan kontribusi nyata untuk membantu masyarakan menyelesaikan berbagai masalah yang bersifat multidimensial serta mengajak peserta KKN PPM untuk mengembangkan model-model pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan kondisi dan potensi lokasi sasaran.

Source : dndsandyra.com
Editor : Haya Azzura Rassya

Leave a Reply

Your email address will not be published.