Home / Berita / Kegiatan

Minggu, 10 Oktober 2021 - 19:08 WIB

Ingin Jadi Project Manager Yang Kompeten ? Apa Saja Yang Harus Disiapkan

Yogyakarta, dndsandyra.com – Setiap proyek pasti memerlukan seorang Project Manager (PM), untuk memastikan jalan atau tidaknya proyek tersebut, dan memastikan kesesuaian dengan target yang ingin dicapai.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai PM, pada hari Sabtu (9/10/2021) Fakultas Teknologi Informasi (FTI)  Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan webinar dengan tajuk “International Project Manager Preparation” dengan pemateri Awaludin Zakaria, S.Kom., MBA., yang juga seorang Presiden Director (PT. Solusi Kampus Indonesia).

Acara Webinar dilaksanakan dari pukul 09.00 sampai 11.00 WIB, dan dibuka oleh Haya Azzura Rasya selaku Master of Ceremony (MC), dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan FTI UMBY, Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng., MCE.

Menjadi seorang PM bukan merupakan hal yang mudah yang dapat dilakukan oleh semua orang. Selain harus menguasai project management tools, seorang PM juga harus memiliki skill problem solving, budgeting, negosiasi, hingga kepemimpinan yang bagus.

Baca Juga :   ADITIF dan FTI UMBY Selenggarakan Forum Bahas Integrasi MBKM Antara Perguruan Tinggi dan Industri

Dengan dipandu Putri Taqwa Prasetyaningrum, S.T., M.T., MCE. (Wakil Dekan FTI UMBY) selaku moderator. Dalam pemaparannya, Awaludin Zakaria menjelaskan mengenai apa itu PM, kanapa dibutuhkan sertifikasi, berapa biaya yang dibutuhkan untuk sertifikasi, dan berapa kisaran pendapatan yang akan diterima nantinya.

Agar diakui sebagai PM yang kompeten, kita memerlukan sertifikasi project management. Ada cukup banyak sertifikasi untuk PM, salah satu yang paling familiar adalah Project Manager Professional (PMP) Certification.

“Di era sekarang ini, Sertifikasi internasional banyak diburu oleh orang yang ingin berkarir di bidang tertentu khususnya Information Technologi (IT).” jelas Awaludin.

Selain mendapatkan authority dan kredibilitas, dengan adanya sertifikasi tersebut dapat meningkatkan skill dan kompetensi sebagai professional di bidang Project Management.

Seorang PM yang memiliki Certified Project Manager berarti ia telah memiliki pemahaman, kemampuan akan analisis yang tinggi, serta pengelolaan data yang telah diakui dalam dalam proses pengambilan keputusan. Sehingga akan meningkatkan daya saing dan kredibilitasnya di mata sebuah perusahaan.

Baca Juga :   FTI UMBY Akan Mengadakan Seminar Nasional Multimedia & Artificial Intelligence (SMAI) 2021

Sertifikasi tersebut juga akan mempermudah peluang karir bagi seorang PM, selain itu juga menjadi tolak ukur banyak sedikitnya salary yang akan didapatkan. Intinya adalah untuk menunjang karir profesional, dan menambah daya saing global dalam dunia pekerjaan.

Albert Yakobus Chandra selaku panitia webinar juga sangat bersyukur, karena peseta sangat antusias sekali dalam mengikuti acara webinar, dan melebihi target peserta yang diharapkan.

“Tujuan diadakannya webinar ini adalah untuk menambah wawasan mahasiswa mengenai profesi PM di dunia industri, serta mengetahui apa saja yang harus disiapkan jika ingin menjadi PM yang kompeten” tambah A. Sidiq Purnomo.

“Webinar ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena dapat memberi gambaran mengenai real case di industri IT, terutama project management.” ujar Ayu Lestari salah satu peserta webinar.

Source : dndsandyra.com
Editor : DnD

Share :

Baca Juga

roadshow umby kominfo gerakan 1000 startup digital

Berita

Adakan Roadshow, UMBY Dukung Gerakan 1000 Startup Digital
umby angudi mulyaning bangsa

Berita

Angudi Mulyaning Bangsa, Sebuah Refleksi Dari Probosutedjo
webinar iot hmpsti fti umby 2021

Berita

HMPSTI UMBY Adakan Webinar Bahas Implementasi IOT di Era Society 5.0
Psikologi Launching HEMPAS

Berita

Komunitas Go Giver Psikologi UMBY Launching Trainer Sebaya HEMPAS
kegiatan kkn tematik pasar 105 umby

Berita

Mahasiswa KKN UMBY Kelompok 105 Ajak Pedagang Pasar Pakem Selalu Taati ProKes
bantuan kkn 35 umby

Berita

Bantu Terdampak Covid-19 Mahasiswa KKN UMBY 35 Salurkan Bantuan Untuk Masyarakat Nogosari I
Selektif Memilih Aplikasi Pembelajaran

Berita

Selektif Memilih Aplikasi Pembelajaran
Kegiatan pemasangan banner KKN UMBY di padukuhan Tilaman

Berita

Kegiatan Pemasangan Banner, Poster Covid, & Publikasi Informasi Melalui Instagram @kkn19_umby