Home / Berita / Edukasi

Senin, 11 Oktober 2021 - 13:52 WIB

Webinar HIMATEPA UMBY Bahas Manfaat Bunga Telang dan Hasil Olahannya

Yogyakarta, dndsandyra.com – Divisi Pengabdian Masyarakat, Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (HIMATEPA) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), mengadakan webinar dengan tema “Manfaat Bunga Telang dan Hasil Olahannya” dengan narasumber Yusup Martani yang juga penggagas dan pengelola Martani Pangan Sehat.

Acara webinar ini dilaksanakan secara online melalui Google Meet pada Sabtu (9/10/2021), dan diikuti kurang lebih 40 peserta yang berasal dari masyarakat umum dan mahasiswa.

Webinar yang dipandu oleh Zahrotul Ummah, diawali dengan sambutan Dika Nur Hanifah selaku ketua panitia, kemudian sambutan dari Prof. Dwiyati Pujimulyani, M.P. selaku Ketua Program Studi Teknologi Hasil Pertanian UMBY.

Baca Juga :   Kolaborasi Dengan FEBI IAIN Pekalongan, FE UMBY Adakan Workshop Publikasi Karya Ilmiah

Dalam sambutannya, Prof. Dwiyati Pujimulyani, M.P. menuturkan bahwa, ”Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kita kemudian berkeinginan untuk memanfaatkan potensi alam yang ada disekitar”.

Dalam pemaparannya, Yusup Martani menjelaskan mengenai bunga talang, dan potensinya sebagai pewarna makanan dan antioksidan.

“Bunga telang merupakan bunga yang belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat, padahal manfaat utamanya adalah sebagai pewarna pada makanan dan mengandung antioksidan. Bunga ini memiliki umur simpan yang lebih lama apabila diolah menggunakan teknologi pengeringan menjadi produk bunga telang kering.” ujar Yusup.

Baca Juga :   Mahasiswa KKN UMBY Upayakan Pencegahan Covid Dengan Memberikan Bantuan Alat Sprayer Elektrik Disinfektan Di Dusun Sindet Wukirsari

Nur Hanifah, menyampaikan bahwa webinar ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa dan masyarakat umum, mengenai potensi dan pemanfaatan bunga telang yang dapat dijadikan alternatif pewarna makanan alami dan antioksidan.

“Materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan diharapkan menambah pengetahuan kita mengenai manfaat bunga telang dan hasil olahannya dan mampu menambah ilmu dari pengalaman pembicara.” tambahnya lagi.

Source : dndsandyra.com
Editor : Widarta

Share :

Baca Juga

pesona rinjani

Berita

Gunung Rinjani, Sebuah Pesona Keindahan Dari Lombok
bantuan kkn 35 umby

Berita

Bantu Terdampak Covid-19 Mahasiswa KKN UMBY 35 Salurkan Bantuan Untuk Masyarakat Nogosari I
Kegiatan posyandu di tilaman kkn umby

Berita

KKN Universitas Mercu Buana Adakan Kegiatan Posyandu Dan Pembagian Bibit Sayuran Dan Buah-Buahan Di Tilaman
Kompetisi Microteaching PMat UMBY

Berita

Prodi Pendidikan Matematika UMBY Kirimkan Mahasiswa Ikuti Kompetisi Micro Teaching
compeny visit akuntasi umby

Berita

Company Visit UMBY, Mendidik Mahasiswa jadi Entrepreneur
Selektif Memilih Aplikasi Pembelajaran

Berita

Selektif Memilih Aplikasi Pembelajaran
sosialisasi kkn 34 umby

Berita

Mahasiswa KKN PPM UMBY 34 Sosialisasikan Cara Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Anak
Psikologi Launching HEMPAS

Berita

Komunitas Go Giver Psikologi UMBY Launching Trainer Sebaya HEMPAS