Dokumentasi Penutupan KKNT MBKM

Sukses Dampingi UMKM, KKN Tematik UPN Veteran Jatim Gelar Acara Penutupan

Surabaya, dndsandyra – Penutupan KKN Tematik (KKNT) MBKM kelompok 26 UPN “Veteran” Jawa Timur (UPNVJT) di Kelurahan Bulak, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya sukses terlaksana.

Kegiatan penutupan ini dilakukan dengan pemberian plakat secara simbolis kepada pihak Kelurahan Bulak yang diterima langsung oleh Anis, Lurah Bulak.

Program kegiatan KKN Tematik yang dilaksanakan selama 3 bulan sejak Senin (21/02/2022) hingga Kamis (30/06/2022) dapat terlaksana dengan baik.

“Semoga dengan selesainya kegiatan KKN Tematik ini dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM dan Kelurahan Bulak, serta dapat meningkatkan branding produk dan penjualan UMKM,” ujar Boston salah satu anggota KKNT Kelompok 26 UPN Veteran Jatim.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan inovasi dan keterampilan, meningkatkan kemampuan problem solved sebagai bekal kehidupan bermasyarakat, branding universitas serta meningkatkan kerjasama antara kampus dengan mitra.

Dalam kegiatan KKN Tematik dilakukan beberapa program pendampingan UMKM yaitu branding, digital marketing, perizinan usaha, pengoptimalan e-commerce, bazar dan seminar.

Dalam kegiatan tersebut terdapat 3 UMKM terpilih dalam pendampingan program KKNT UPNVJT yaitu UMKM dengan produk pizza, kue kering dan camilan uwuw.

UMKM produk pizza berhasil mendapatkan sentuhan kreatifitas pada outlet mulai dari pemasangan pigura yang berisi dokumen izin usaha, sertifikasi kompetensi, pembuatan logo produk, pemasangan hijang berisi foto customer dengan julukan “orlanders”, foto produk pizza, hiasan stiker, dan banner.

Selain sentuhan kreatifitas pada outlet KKNT UPNVJT juga memberikan inovasi lain seperti katalog produk, konten Instagram, kartu nama, stiker logo serta label kemasan dimsum dan mico.

KKNT UPNVJT juga berhasil mendapatkan izin usaha UMKM kue kering dan camilan uwuw.

Penutupan KKNT berlangsung dengan perpisahan ke pihak kelurahan dan pelaku UMKM binaan. Dalam penutupan tersebut, Anis selaku Lurah Bulak mengucapkan terima kasih kepada KKNT UPNVJT.

“Terima kasih atas kerjasama antara UPNVJT dengan Kelurahan Bulak, semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut kedepannya. Saya berharap mahasiswa KKNT dapat meraih kesuksesan kedepannya,” ucap Anis.

Ir. H. Didiek Tranggono, M.Si., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) turut memberikan tanggapan terhadap program yang telah terlaksana.

“Kegiatan KKNT selama tiga bulan ini telah sukses dilaksanakan. Saya harap semua program yang telah terlaksana dapat membantu para pelaku UMKM di Kelurahan Bulak. Terlebih UMKM di Kelurahan Bulak memang memiliki potensi untuk dapat berkembang guna meningkatkan perekonomian pelaku UMKM tersebut,” tutur Didiek.

Source : dndsandyra.com
Penulis : Luluk Desva Fitriah
Editor : Haya Azzura Rassya

Leave a Reply

Your email address will not be published.