Home / Berita / Kegiatan

Rabu, 25 Agustus 2021 - 08:52 WIB

Mahasiswa KKN PPM Kelompok 33 UMBY Buat Logo UMKM Untuk Warga Di Dusun Manggung

Yogyakarta, dndsandyra.com – Pada saat ini perekonomian di Indonesia cukup menurun dengan drastis, banyak para pelaku kegiatan usaha yang mengalami kebangkrutan akibat persaingan bisnis yang luar biasa ketat, tak bisa dipungkiri semakin majunya teknologi maka akan semakin meningkatnya daya saing bisnis, apalagi di Industri 4.0 yang mengedepankan kemudahan akses jual beli dan sarana promosi yang dapat dijangkau diseluruh penjuru dunia.

Pada program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Kelompok 33, fokus pada strategi penjualan yang dapat meningkatkan penjualan. KKN ini dilakukan di Dusun Manggung, Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul.

Target utama yang menjadi sasaran adalah warung nasi bubur Pak Basir dan warung penjualan es buah Bu Tria, yang saat ini diketahui bahwa mengalami penurunan penjualan akibat ketatnya persaingan usaha dan kurang dikenalnya merek mereka sehingga product knowledge juga rendah.

Baca Juga :   Prodi Pendidikan Matematika UMBY Kembangkan Layanan Pembelajaran Interaktif melalui “Hybrid Moodle System”

Langkah selanjutnya yang diambil oleh KKN UMBY Kelompok 33 adalah strategi promosi untuk mengenalkan produk sehingga dapat meningkatkan hasil penjualan.

Strategi yang dilakukan untuk Warung Nasi Bubur Pak Basir dan Warung Es Buah Bu Tria adalah dengan pemasangan banner di lokasi penjualan. Hal ini bertujuan agar calon konsumen dapat mengenal produk yang ditawarkan sekaligus memudahkan calon konsumen tersebut untuk menemukan lokasi penjualan.

Tampak dalam aksinya Seluruh anggota KKN UMBY Kelompok 33 turut berkontribusi dalam perancangan logo dan pembuatan banner usaha milik Pak Basir dan Ibu Tria.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 33, A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng., berharap bantuan yang diberikan kepada pelaku usaha dapat digunakan dengan baik, dan dapat membantu meningkatkan volume penjualan produk.

Baca Juga :   Manfaatkan Lahan Sempit Mahasiswa KKN UMBY 60 Ajak Masyarakat Di Dusun Penjalin Gunakan Hidroponik dan Aquaponik

Sedangkan untuk mahasiswa KKN UMBY, ia menyampaikan walaupun dengan keterbatasan waktu yang diberikan untuk pengabdian KKN UMBY, paling tidak sudah merasakan bagaimana terjun ke dunia yang sesungguhnya dengan berbaur di masyarakat, sehingga dapat dijadikan pengalaman untuk mahasiswa ke depannya.

Program kerja ini juga bermanfaat sebagai ide pelaku usaha lain dalam menerapkan strategi yang relevan, manfaat lainnya adalah memberikan contoh yang baik kepada mahasiswa maupun masyarakat sekitar untuk lebih peduli kepada UMKM lokal yang kini sedang mengalami kesulitan.

Source : dndsandyra.com
Penulis : Jaezah Zati Hulwani & Ferdina Perdiyanti
Editor : DnD

Share :

Baca Juga

bimbel kkn 10 umby

Berita

Apa Kabar Pendidikan Indonesia ?
MoU PMAT UMBY dan UNIQBA

Berita

Implementasikan MBKM, Pendidikan Matematika UMBY Jalin Kerjasama Dengan UNIQHBA
umby angudi mulyaning bangsa

Berita

Angudi Mulyaning Bangsa, Sebuah Refleksi Dari Probosutedjo
Kegiatan pemasangan banner KKN UMBY di padukuhan Tilaman

Berita

Kegiatan Pemasangan Banner, Poster Covid, & Publikasi Informasi Melalui Instagram @kkn19_umby
webinar skpi ecampuz

Berita

Webinar eCampuz Series “SKPI Sebagai Tiket Berkarir IT Profesional”
kegiatan pembelajaran kkn 12

Berita

Mahasiswa KKN UMBY Kelompok 12 Ciptakan Rumah Belajar Untuk Anak Di Dusun Surobayan
webinar fti umby series pm life cycle

Berita

Webinar FTI UMBY, Project Management Life Cycle In IT Industry
Penyerahan Kit Masker dan Hand Soap Secara Simbolis

Berita

Cegah Covid-19 KKN Universitas Mercu Buana Yogyakarta Sebar Masker Dan Sabun Cuci Tangan Di Pedukuhan Tilaman