kkn 14 berdayakan warga

Menggugah Produktivitas KKN PPM UMBY 14 Ajak Ibu-Ibu Dusun Karanggayam Membuat Es Krim Sayur dan Permen Herbal

Yogyakarta, dndsandyra.com – Banyaknya dampak pandemi Covid-19 yang mucul kepermukaan dirasakan oleh seluruh masyarakat,  tidak terkecuali masyarakat Karanggayam. Demi membantu kinerja pemerintah dalam pemberantasan Covid-19, maka adaptasi kebiasaan baru perlu untuk dilakukan. Terutama dalam meningkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makan-makanan yang sehat.

Untuk itu, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata – Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN – PPM) Angkatan 39 kelompok 14 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan pelatihan membuat es krim sehat yang berbahan dasar sayur segar dan permen herbal bersama ibu-ibu dari perwakilan tokoh masyarakat.

Antusiasme terlihat pada saat proses pelatihan berlangsung. Cara pembuatan yang simpel, bahan yang mudah didapatkan dan rasa yang enak membuat ibu-ibu merasa senang terlihat dari ekspresi wajah yang sumringah.

Es krim sehat rasa alpukat ini dibuat bukan menggunakan bahan dasar buah alpukat, akan tetapi terbuat dari bahan dasar sayur segar sawi sendok yang dicampur dengan tape singkong, energen, dan susu. Setelah semua dicampurkan rasa alpukat tercipta dari perpaduan tersebut.

Pelatihan diawali dengan penjelasan Maharani mengenai manfaat, sekaligus praktik cara pembuatan es krim. Selanjutnya, Retvi memberikan penjelasan tentang pelatihan membuat minuman beras kencur dan kunir asem dan ditutup dengan penjelasan cara membuat permen herbal.

Pelatihan dipraktikan secara langsung bersama ibu-ibu. Peserta pelatihan dibagi menjadi tiga kelompok serta diberi alat dan bahan. Setelah praktik selesai, setiap peserta diberi hasil es krim sayur dan permen herbal yang sudah siap dinikmati.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN, Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng., sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa KKN tersebut, dan berharap bahwa program kreatifitas ini bisa dijadikan contoh untuk masyarakat luas, tidak hanya di dusun Karanggayam. Apalagi ditunjang dengan bahan-bahan yang digunakan mudah didapatkan.

Source : dndsandyra.com
Penulis : Yesy Pratiwi
Editor : DnD

Leave a Reply

Your email address will not be published.