Home / Berita / Edukasi / Kesehatan

Minggu, 31 Januari 2021 - 12:26 WIB

Cegah Covid-19 KKN Universitas Mercu Buana Yogyakarta Sebar Masker Dan Sabun Cuci Tangan Di Pedukuhan Tilaman

Yogyakarta, dndsandyra.com – Pandemi Coronavirus Disease (covid-19) melanda di Indonesia dan dunia sudah hampir 1 tahun. Banyak cara yang sudah dilakukan oleh stakeholder atau pemangku kebijakan untuk mencegah penyebaran dan penularan virus SARS-COV-2 ini.

Pada bulan Maret, pemerintah menerapkan aturan pembatasan sosial skala besar atau PSBB. Lalu pada musim lebaran 2020, pemerintah menerapkan aturan larangan mudik dan menghimbau masyarakat untuk berlebaran di rumah masing-masing, cara seperti ini juga digunakan ketika musim libur natal dan tahun baru 2021.

Tetapi cara-cara tersebut tampaknya belum membuahkan hasil yang signifikan, karena hingga tulisan ini dibuat, masih terlihat banyaknya kasus terkonfirmasi positif covid-19 yang jumlah perharinya menyentuh angka 10.000.

Baca Juga :   Bantu Terdampak Covid-19 Mahasiswa KKN UMBY 35 Salurkan Bantuan Untuk Masyarakat Nogosari I

Tentu peraturan tersebut harus mendapatkan dukungan dari masyarakat itu sendiri. Jika kita lihat diberbagai media, banyak penulis/tokoh mengajak masyarakat untuk mencegah penularan covid-19 dengan cara yang mudah, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi (5M).

Memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir merupakan salah satu tema program kerja tim KKN kelompok 19 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), melakukan kegiatan pembagian “portable hygiene kit” yang berisi masker medis dan sabun cuci tangan.

Program ini merupakan salah satu kontribusi tim KKN UMBY kelompok 19 untuk mengedukasi masyarakat sekaligus mengajak masyarakat untuk selalu memakai masker ketika berkegiatan dan mencuci tangan.

Baca Juga :   Mahasiswa PBI UMBY Berhasil Diseminasikan Hasil Penelitian di Konferensi Nasional dan Internasional

Demi menghindari kerumunan, pembagian kit ini dilakukan dengan pintu ke pintu atau door-to-door. Pembagian ini juga dibantu oleh ibu-ibu kader dan ibu dukuh langsung memantau proses pembagian kit ini. 

Masyarakat antusias dengan program KKN yang kami jalankan Harapannya, tentu program ini berjalan tidak hanya sekali dan masyarakat teredukasi mengenai bahaya covid-19 sehingga masyarakat tahu kalau mencegah penularan virus sebenarnya mudah, salah satunya dengan cara memakai masker.

Source : dndsandyra.com
Penulis : Constantina Ayu P. S & Sumiyati
Editor : DnD

Share :

Baca Juga

tradisi adu kepala ntumbu bima ntb

Berita

Mengenal Tradisi Mpa’a Ntumbu di Bima NTB
Workshop Canva & Pencil

Berita

UniKL MIIT dan FTI UMBY Berkolaborasi Adakan Internasional Join Workshop
bayan lombok utara

Berita

Mengenal Lebih Dekat Tradisi dan Adat Istiadat Suku Sasak di Daerah Bayan Lombok Utara NTB
TIM PkM UMBY sosialisasikan kerjasama IT

Berita

Tim PkM UMBY Sosialisasikan Program Kerjasama Bidang IT Di SMK Maarif 1 Temon
Penempatan Tempat Sampah Di Pos Kamling Tilaman KKN UMBY

Berita

KKN Universitas Mercu Buana Yogyakarta Menyediakan Bak Sampah Di Setiap Pos Rt Dusun Tilaman
MoU PMAT UMBY dan UNIQBA

Berita

Implementasikan MBKM, Pendidikan Matematika UMBY Jalin Kerjasama Dengan UNIQHBA
Kegiatan posyandu di tilaman kkn umby

Berita

KKN Universitas Mercu Buana Adakan Kegiatan Posyandu Dan Pembagian Bibit Sayuran Dan Buah-Buahan Di Tilaman
Penyerahan Alat Spray Secara Simbolis

Berita

Mahasiswa KKN UMBY Upayakan Pencegahan Covid Dengan Memberikan Bantuan Alat Sprayer Elektrik Disinfektan Di Dusun Sindet Wukirsari