Dosen UMBY Saat UKK di SMK Maarif 1 Temon

Dosen UMBY Jadi Penguji UKK SMK Ma’arif 1 Temon

Yogyakarta, dndsandyra.com – Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan lulusan yang berkualitas. Sebagai perwujudan dari semboyan Angudi Mulyaning Bangsa, UMBY selalu berupaya menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni serta mampu bersaing pada tingkat nasional dan global.

Kali ini, UMBY dipercaya sebagai penguji eksternal dalam kegiatan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK), SMK Ma’arif 1 Temon, Kulonprogo.  UKK digelar selama 3 hari dimulai dari tanggal 18 April 2022 hingga 20 April 2022 yang diikuti oleh puluhan siswa dari program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Rektor UMBY, Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P., mengungkapkan bahwa UMBY telah lama menjalin kerja sama dengan SMK Ma’arif 1 Temon, salah satunya sebagai penguji dalam kegiatan UKK.

“UKK merupakan salah satu bentuk pengukuran terhadap pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan keahlian dari kejuruannya yang ditempuh selama pembelajaran di sekolah,” ungkap Agus, Kamis (21/04/2022).

Lebih lanjut, Agus menambahkan bahwa dalam pelaksanaannya sekaligus sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, UMBY menugaskan A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng., MCE., yang merupakan dosen Program Studi Informatika yang juga praktisi di bidang IT sebagai penguji eksternal UKK untuk keahlian RPL di SMK Ma’arif 1 Temon.

Senada dengan itu, Uji Wardoyo, S.Kom., selaku ketua pelaksana UKK SMK Ma’arif 1 Temon menjelaskan bahwa penguji UKK dibagi menjadi 2 (dua), yaitu penguji internal dan eksternal.

“Penguji internal merupakan penguji dari sekolah, sedangkan penguji eksternal merupakan penguji dari luar sekolah yang bekerja sesuai bidang yang diujikan dan diutamakan memiliki sertifikasi pada bidang tersebut,” jelas Uji.

Menanggapi hal ini, Rohwanto, S.Pd., selaku kepala SMK Ma’arif 1 Temon menyampaikan rasa terimakasih dan harapannya.

“Terima kasih kepada UMBY yang telah bersedia menjadi asesor kompetensi dalam kegiatan UKK. Kami berharap siswa yang telah menyelesaikan uji kompetensi ini mendapatkan hasil yang memuaskan, sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai bekal untuk meraih masa depan,” tutur Rohwanto.

Source : dndsandyra.com
Editor : Widarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.