Edukasi KKN Kelompok 11 UMBY

Mahasiswa KKN UMBY Kelompok 11 Adakan Kegiatan Edukasi Tentang Vaksin Di Dusun Monggang

Yogyakarta, dndsandyra.com – Lebih dari satu tahun sejak pandemi virus Covid-19, belum ada tanda-tanda penurunan pandemik di masyarakat. Di sisi lain, pemerintah berupaya mencari solusi terbaik bagi masyarakat agar roda ekonomi bisa berputar dan kehidupan sosial masyarakat dapat berjalan normal seperti sedia kala.

Bantuan sosial bagi warga masyarakat terdampak Covid-19, juga sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu oleh Kementerian Sosial.

Upaya lain yang harus segera dilakukan adalah memberikan vaksin sebagai penangkal virus agar kehidupan dapat berjalan normal sewajarnya. Sejak beberapa waktu lalu upaya uji coba dan mendatangkan vaksin sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia.

Tujuan pemberian vaksin tersebut antara lain yaitu mengurangi penularan Covid-19, menurunkan angka kematian akibat Covid-19, mencapai herd immunity, dan melindungi masyarakat agar tetap produktif.

Di tengah informasi tentang pemberian vaksin Covid-19, muncul pro dan kontra di kalangan masyarakat. Ada yang mendukung pemberian vaksin tersebut, tetapi banyak juga yang meragukan keefektifan vaksin Covid-19. Beberapa diantaranya bahkan menolak untuk divaksin. Hal ini dipicu dari banyaknya pemberitaan yang tidak valid, dan tidak dapat dipertanggungjawabkan sehingga mengakibatkan disinformasi di masyarakat.

Oleh karena itu, salah satu sasaran dari kegiatan program kerja mahasiswa Kuliah Kerja Nyata – Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN – PPM) Kelompok 11 Angkatan XXXIX Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) adalah memberikan edukasi kepada setiap warga di dusun Monggang tentang betapa pentingnya vaksinasi.

Program ini dilakukan denggan cara edukasi door to door serta memberikan poster untuk tiap warga, selain itu juga dilakukan penempelan poster dibeberapa tempat di desa yang sering dilalui oleh para warga.

Program edukasi ini menjadi salah satu bentuk kontribusi dari kelompok 11 tim KKN – PPM UMBY untuk masyarakat dusun Monggang, dengan memberikan pemahaman kepada warga masyarakat mengenai pentingnya vaksin untuk mengurangi angka penyebaran Covid-19 yang terus melonjak tinggi.

Selain itu, pemberian edukasi ini dilakukan agar para warga tidak termakan lagi oleh berita hoax yang tidak jelas kebenaranya, sehingga diharapkan masyarakat memahami pentingnya vaksinasi dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid, serta mendukung adanya kelancaran program vaksinasi tersebut.

Mutaqin Akbar, S.Kom., M.T., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Kelompok 11 berharap bahwa edukasi Covid-19 yang telah dilakukan untuk masyarakat kurang lebih selama 1 bulan, dapat bermanfaat khususnya untuk masyarakat dusun Monggang.

Source : dndsandyra.com
Penulis : Cindy Puspita Sari
Editor : DnD

Leave a Reply

Your email address will not be published.