lomba mewarnai anak kkn 36 umby

Dorong Imajinasi dan Kreativitas Anak, KKN 36 UMBY Adakan Lomba Mewarnai

Yogyakarta, dndsandyra.com – Pandemi Covid-19 memaksa pelajar terutama anak-anak untuk menempuh pendidikan secara online, selain menyebabkan tingkat kejenuhan pada anak meningkat, hal ini juga menjadi penyebab turunnya kreativitas, imajinasi, dan kedisiplinan anak-anak.

Oleh sebab itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 36 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Angkatan 40 mengadakan kegiatan lomba mewarnai untuk tingkatan anak PAUD  (Pendidikan Anak Usia Dini), TK (Taman Kanak-kanak) sampai dengan anak SD (Sekolah Dasar) di Padukuhan Tilaman, Wukirsari, Imogiri, Bantul pada Hari Minggu (30/01/2022).

Patrisius Deta Bulu selaku penanggung jawab program kerja menyampaikan, bahwa dalam pelaksanaannya kegiatan ini juga dibantu oleh beberapa pihak.

“Selain mahasiswa KKN kelompok 36 UMBY, penyelenggaraan kegiatan ini juga dibantu oleh Paguyuban Muda Mudi dan juga para Ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) padukuhan Tilaman”, terang Patrisius.

“Mewarnai gambar merupakan kegiatan yang cocok untuk mengisi waktu luang sekaligus mengasah kreativitas dan imajinasi anak seperti mencocokkan warna. Selain itu, mewarnai gambar juga dapat melatih kedisiplinan anak,” imbuhnya lagi.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB di ruang kelas PAUD untuk tingkat PAUD dan TK, sedangkan untuk tingkat SD dilaksanakan di aula pendopo Dusun Tilaman.

Lomba mewarnai ini diikuti 34 peserta anak-anak yang terdiri dari 21 anak SD dan 13 anak TK dan PAUD. Selama perlomban, anak-anak wajib mematuhi protokol kesehatan dengan ketat, serta harus mengenakan masker dan menjaga jarak selama perlombaan.

Kegiatan ini diawali dengan penyerahan bahan berupa gambar dengan tema “Mengenal Hewan dan Lingkungan” kepada masing-masing anak-anak untuk diwarnai selama 30 menit untuk tingkat PAUD dan TK dan 60 menit untuk tingkat SD.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dusun Tilaman, Suhandri Haruno. Beliau mengatakan bahwa para peserta lomba mewarnai merasa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan lomba mewarnai.

“Saya sendiri turut senang adanya acara ini karna melihat antusias anak anak yang begitu tinggi dengan acara lomba mewarnai,” tutur Suhandri.

Selain lomba mewarnai, selama menunggu penilaian para peserta juga diajak bermain game untuk melatih konsentrasi pada anak-anak. 

Terdapat tiga pemenang terbaik untuk tingkat PAUD dan TK yaitu Mahya, Rafis, dan Adiba. Sedangkan untuk tingkat SD dimenangkan oleh Della, Diva, dan Nasywa. Selain para pemenang, di akhir kegiatan seluruh peserta lomba juga diberi bingkisan makanan sebagai bentuk apresiasi saat mengikuti lomba.

Siti selaku ketua ibu-ibu PKK Padukuhan Tilaman menyampaikan rasa terimakasihnya kepada mahasiswa KKN kekompok 36 UMBY, karena telah mengadakan kegiatan lomba untuk anak-anak di Tilaman.

“Anak-anak sangat antusias dan senang sekali dengan adanya kegiatan ini, karena semenjak pandemi anak-anak tidak pernah kumpul dan bermain dengan teman sebayanya,” tutur Siti.

Senada dengan Siti, A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kegiatan KKN kelompok 36 UMBY sangat mendukung kegiatan ini.

“Alhamdulilah kegiatan lomba mewarnai berjalan dengan tertib dan menghadirkan kegembiraan bagi anak-anak,“ tutur Sidiq.

Selain menghilangkan kejenuhan dan mengurangi tingkat stres pada anak, kegiatan ini juga dapat digunakan sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan kreativitas, imajinasi dan kedisiplinan pada anak-anak,” imbuhnya lagi.

Source : dndsandyra.com
Penulis : Veren Oktarisa
Editor : Naf’iyatul Muflihah Annasihah

Leave a Reply

Your email address will not be published.