Home / Berita / Pemberdayaan

Senin, 23 Agustus 2021 - 15:32 WIB

Mahasiswa KKN UMBY Kelompok 33 Bagikan Bibit Buah Apel Putsa Di Tengah Pandemi Covid 19 Di Dusun Manggung

Yogyakarta, dndsandyra.com – Pandemi Covid-19 belum usai ketahanan pangan juga semakin lunglai, adanya pandemi Covid-19 ini banyak mempengaruhi tatanan kehidupan manusia, termasuk kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan juga kesehatan manusia. Semua kegiatan bermasyarakat, sekolah dan juga bekerja dilakukan secara daring atau work from home (WFH).

Ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini juga banyak karyawan yang menerima pemutusan hubungan kerja (PHK) karena minimnya pendapatan perusahaan dan pabrik tempat asal bekerja yang mengalami penurunan produksi akibat dari pembatasan kegiatan masyarakat, hal ini juga berdampak pada pelaku usaha.

Pembatasan kegiatan masyarakat tersebut secara otomatis berdampak juga pada turunnya perekonomian masyarakat selama pandemi Covid-19, selain itu dampak lain yang dirasakan adalah krisis akan kesehatan.

Oleh sebab itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata – Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN – PPM) Kelompok 33 Angkatan XXXIX Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), membuat program kerja di bidang ketahanan pangan dengan membagikan bibit buah apel putsa di dusun Manggung, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta pada hari Rabu (18/8/2021).

Baca Juga :   Prodi Pendidikan Matematika UMBY Kirimkan Mahasiswa Ikuti Kompetisi Micro Teaching

Program kerja KKN ini tidak hanya serta merta membagikan bibit buah apel putsa saja, tetapi juga memberikan sedikit sosialisasi tentang cara perawatan, cara membedakan bidara arab dan bidara apel putsa dan juga manfaat buah apel putsa untuk kesehatan dalam bentuk lisan dan dalam bentuk poster.

Bibit buah apel putsa ini dipilih karena mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia di tengah masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Selain itu berdasarkan saran dan penjelasan dari bapak dukuh dusun Manggung Bapak Farit Hermawan, bahwa tanaman buah apel putsa ini masih belum dikenal di Dusun Manggung.

Berdasarkan informasi dari penyuluh pertanian yang ada di dusun setempat, juga memberikan informasi bahwa buah apel putsa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia, antara lain untuk mengurangi resiko kanker usus besar, mencegah penyakit jantung, mengatasi diabetes, mengencangkan kulit, dan juga kaya akan antioksidan.

Disamping itu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng. juga sangat mendukung program kerja mahasiswa KKN tersebut, dengan membagikan bibit buah apel putsa dan memberikan edukasi terhadap warga masyarakat dusun Manggung untuk budidaya dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

Baca Juga :   Webinar FTI UMBY, Project Management Life Cycle In IT Industry

Warga masyarakat juga sangat antusias sekali dengan kedatangan mahasiswa KKN – PPM UMBY kelompok 33 untuk membantu masyarakat dusun Manggung selama Covid-19.

Dengan dibagikan bibit buah apel putsa diharapkan warga dusun Manggung dapat mengisi waktu senggang untuk merawat bibit buah apel putsa untuk menghilangkan rasa bosan selama WFH, nantinya jika tanaman buah apel putsa sudah berbuah juga dapat dikonsumsi sendiri.

“Kami berharap, hal ini dapat menekan pengeluaran masyarakat untuk membeli buah-buahan, selain itu cara perwatan bibit buah apel putsa juga mudah seperti merawat tanaman lainnya. Hanya saja perlu diberikan penambahan booster buah sebelum pembuahan, dan perlu ditambahkan ajir untuk menopang tanaman pada saat berbuah.” ujar I Ketut Aditia selaku ketua KKN UMBY Kelompok 33.

Source : dndsandyra.com
Penulis : Noviana Sejati & Sajidah Ulfah
Editor : DnD

Share :

Baca Juga

mengenal profesi arsiparis

Berita

Melihat Peluang Profesi Arsiparis di Era Teknologi Informasi
sosialisasi covid kkn 33

Berita

Mahasiswa KKN PPM UMBY 33 Sosialisasikan Pencegahan Penularan Covid 19 Di Dusun Manggung
umby angudi mulyaning bangsa

Berita

Angudi Mulyaning Bangsa, Sebuah Refleksi Dari Probosutedjo
PKKMB FTI UMBY 2021

Berita

Melalui PKKMB, BEM FTI Ajak Mahasiswa Baru Menjadi Sociopreneur Berbekal Teknologi
Pelatihan HKI UMBY

Berita

Bangkitkan Inovasi Akademisi, UMBY Gelar Webinar HKI
PkM Jamu Tradisional UMBY

Berita

PkM UMBY Berdayakan Kelompok Usaha Jamu Tradisional di Dusun Watu
Pemberdayaan Masyarakat Dengan Bercocok Tanam

Berita

Pemberdayaan Masyarakat Dengan Bercocok Tanam Di Dusun Sindet Wukirsari
Penyerahan Alat Spray Secara Simbolis

Berita

Mahasiswa KKN UMBY Upayakan Pencegahan Covid Dengan Memberikan Bantuan Alat Sprayer Elektrik Disinfektan Di Dusun Sindet Wukirsari