Pendampingan Mahasiswa KKN Tematik UPNVJT

Bantu Optimalisasi Pemasaran, Mahasiswa KKN Tematik UPN Veteran Jatim Dampingi UMKM Sekecamatan Bulak

Surabaya, dndsandyra.com – Mahasiswa KKN Tematik (KKNT) MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur (UPNVJT) Kelompok 26 bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ir. H. Didiek Tranggono, M.Si., melakukan pendampingan kegiatan business talk yang diselenggarakan di aula kantor Kecamatan Bulak pada hari Selasa (21/06/2022).

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Drs. Budi Hermanto M.Si. selaku camat Bulak dan Anis Pudji Astutik, S.Sos selaku kepala Kelurahan Bulak.

Tujuan diadakannya business talk ini guna mengoptimalkan pemasaran produk, branding produk dan pemahaman mengenai perizinan halal, serta menambah pengetahuan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Sesi pertama, Dian Pangestuti (owner Orlando Pizza Surabaya) menyampaikan materi mengenai marketing melalui whatsapp business.

Dalam pemaparannya, Dian menegaskan tentang pola pikir UMKM yang perlu diubah agar mendapat keuntungan jangka panjang.

“Pelaku UMKM seharusnya tidak berorientasikan cuan sesaat, melainkan juga perlu memikirkan bagaimana strategi yang harus dilakukan agar bisnis tetap bertahan hingga jangka waktu panjang dan menghasilkan keuntungan yang terus bertambah,” jelas Dian.

Lebih lanjut, Dian menjelaskan mengenai perbedaan whatsapp biasa dengan whatsapp business, manfaat menggunakan whatsapp business, cara mendaftar dan fitur yang ada pada whatsapp businesss yang sangat cocok dan mudah diaplikasikan bagi para pelaku UMKM.

Selanjutnya sesi kedua, Cahya Gutama Putra (mahasiswa UPN Veteran Jatim) menyampaikan materi mengenai foto produk.

Dalam pemaparannya, Cahya menyampaikan bahwa foto produk merupakan visualisasi yang menggambarkan suatu barang untuk ditampilkan kepada konsumen.

“Foto produk dapat meningkatkan nilai jual produk, membangun branding bisnis, meningkatkan kepercayaan calon pembeli, serta media pemasaran digital,” jelas Cahya.

Selain itu, para peserta seminar juga diajarkan mengenai tips foto produk agar lebih menarik dan berkualitas.

Sesi terakhir, perwakilan dari penyelia halal menyampaikan materi mengenai perizinan halal bagi UMKM.

Materi yang disampaikan mengenai pentingnya pelaku UMKM memiliki perizinan halal bagi produknya, produk apa saja yang dapat didaftarkan perizinan halal, langkah–langkah perizinan halal serta dokumen yang dibutuhkan.

“Terdapat beberapa formulir yang harus diisi untuk perizinan halal, antara lain, data informasi umum perusahaan, surat keputusan penetapan penanggungjawab / penyelia halal, daftar bahan halal, bukti/catatan pembelian bahan yang kemudian diperiksa tanggal pembeliannya dan diisi pada form pemeriksaan bahan, serta formulir daftar periksa audit internal,” jelas peyelia halal.

Setelah pemaparan materi selesai, dilanjutkan praktik foto produk, pendampingan pendaftaran whatsapp business, dan pendampingan pengisian formulir untuk pengajuan perizinan halal bagi pelaku UMKM.

Peserta seminar terlihat sangat antusias sekali saat mengikuti seminar maupun saat melakukan praktik pendaftaran whatsapp business, foto produk, dan pendaftaran perizinan halal.

“Barang jual yang tadinya terlihat kurang menarik ternyata bisa jadi lebih menarik dengan foto produk yang baik dan benar,” ungkap salah satu peserta.

Peserta seminar, Ratih Siswiyanti selaku pemilik UMKM Puding Art Linda menyampaikan kesan dan pesan dalam seminar kali ini.

“Sangat bermanfaat untuk pelaku UMKM yang gaptek seperti saya. Saya sangat menantikan seminar selanjutnya,”ungkap Ratih.

Peserta lain, Sabila selaku pemilik UMKM Kayyisa Maqshof juga menyampaikan rasa terima kasih atas diadakannya seminar ini.

“Terimakasih sudah banyak berbagi ilmu yang sangat bermanfaat, yang dapat saya gunakan untuk kemajuan dan branding produk saya, yaitu Kayyisa Maqshof”.

Ir. H. Didiek Tranggono, M.Si., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) turut menyampaikan harapan atas terlaksananya seminar business talk ini.

“Dengan adanya seminar business talk ini diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan sekaligus mengenalkan produknya ke jangkauan yang lebih luas, sehingga perekonomian meningkat dan usaha yang dijalankan dapat berkembang dan bertahan dalam jangka waktu yang lama serta mendapat keuntungan yang semakin banyak,” tutur Didiek.

Source : dndsandyra.com
Penulis : Luluk Desva Fitriah
Editor : Naf’iyatul Muflihah Annasihah

Leave a Reply

Your email address will not be published.