UMBY Terjunkan 1009 Mahasiswa KKN Angkatan 41

Yogyakarta, dndsandyra.comUniversitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan pembekalan Kuliah Kerja Nyata Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Angkatan 41 selama tiga hari, sejak Senin (04/07/2022) hingga Rabu (06/07/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, yakni tatap muka secara langsung di Ruang Auditorium Kampus 3 UMBY Jl. Ring Road Utara, Condongcatur, Depok, Sleman dan disiarkan secara online pada kanal youtube KKN PPM UMBY dengan jumlah peserta sebanyak 1.009 mahasiswa yang terbagi dalam 97 kelompok.

Pembekalan KKN PPM UMBY diisi oleh pembacara dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Yogyakarta, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Magelang, Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Kepala Desa Petung, Pakis, Banyusidi, Kragilan, Gejagan, Kecamatan Pakis Magelang, dan Ketua Kelompok Disabilitas Pinilih Sedayu.

Pada sesi penyampaian materi,  hari pertama pembekalan KKN PPM UMBY diisi oleh Wawan Riyadi S.S.MIP. (perwakilan dari BAPPEDA Kabupaten Magelang), drYuniarM.P.H. (perwakilan dari Dinas Kesehatan Kab. Magelang), serta pemaparan dari  kepala desa dari kecamatan Pakis Magelang yaitu Kepala Desa Petung, Pakis, Banyusidi, Kragilan, Gejagan.

Pada kesempatan yang sama, kegiatan ini turut menghadirkan pemateri internal UMBY yaitu, Dr. Triana Noor Edwina D.S., M.Si., Rina Dwiarti, S.E., M.Si., dan Agustinus Hary Setiawan, S.Pd., M.A.

Hari kedua, materi pembekalan KKN PPM UMBY diisi oleh pemateri internal UMBY Ir. Setyo Utomo, M.P., Anief Fauzan R., S.Kom, M.Eng., Agus Setyoko, S.Tp., M.Sc., Nanang Khuzaini, S.Pd.Si., M.Pd., dan A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng.

Hari ketiga, materi pembekalan KKN PPM UMBY diisi oleh Mushawir, SE., MM., Dr. Didiet Heru Swasono, MP., M. Nastain, S.Sos., M.Ikom., dan ditutup oleh  Maria Tri Suhartini selaku Perwakilan Kerabat Kelompok Difabel Pinilih Sedayu.

Awan Santosa, SE, M.Sc., kepala Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama (P3MK) UMBY, mengawali hari pertama pembekalan dengan memaparkan materi pengantar Pembekalan KKN PPM UMBY pada masa Transisi Pandemi ke Endemi COVID-19.

“Saya berpesan agar peserta KKN PPM UMBY merasa suka cita dalam menjalankan proses KKN karena merupakan fragmen yang terjadi sekali seumur hidup. Kemudian, dalam menjalankan proses KKN itu, pengetahuan, teknologi dan skill merupakan hal yang penting tetapi, jangan tinggalkan satu hal yang tidak kalah penting yaitu attitude atau sikap,” tutur Awan.

Luky Kurniawan, S.Pd., M.Pd., selaku Ketua Tim KKN-PPM UMBY menjelaskan bahwa kegiatan ini memberikan wawasan, pengetahuan dan keterampilan kepada peserta KKN-PPM UMBY dalam melakukan observasi dan penilaian di lapangan serta membantu peserta KKN memutuskan program mana yang akan dijalankan.

“Adanya pembekalan KKN-PPM angkatan 41 UMBY membantu mahasiswa memahami rumusan program KKN-PPM yang tepat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mengembangkan potensi daerah lokasi KKN. Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa dapat memberikan kontribusi nyata terhadap solusi permasalahan multidimensi pada masa Transisi Pandemi ke Endemi COVID-19,” tutur Luki.

Source : dndsandyra.com
Editor : Haya Azzura Rassya

Leave a Reply

Your email address will not be published.