Webinar Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja CC UMBY

Career Center UMBY Gelar Webinar Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja

Yogyakarta, dndsandyra.com – Setelah sukses mengadakan talkshow sosialisasi Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) pada bulan Desember 2021 lalu, kini Career Center Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kembali mengadakan webinar kesiapan karir guna menunjang persiapan mahasiswa maupun alumni dalam menghadapi dunia kerja.

Acara ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom pada Sabtu (8/01/ 2022) dan diikuti 87 peserta dari mahasiswa UMBY dan Perguruan Tinggi lainnya, freshgraduate dan umum.

Webinar kali ini menghadirkan 4 (empat) pembicara professional yakni Diah Utari M., M.Psi., Psikolog. ( Associate Psikolog di ECC.co.id dan Associate Psikolog PT.LPP Agro Nusantara), Nur Fachmi Budi S., M.Psi., Psikolog. (Dosen Fakultas Psikologi UMBY dan Ex-HR Recruiter perusahaan-perusahaan ternama), Arrumaisha Fitri., M.Psi., Psikolog. (Associate Psikolog di ECC.co.id dan Dosen Universitas Islam Negeri Jember) dan Nanda Yunika Wulandari., M. Psi., Psikolog. (Dosen Fakultas Psikologi UMBY dan Kepala bagian Career Center UMBY).

Acara dibukan dengan sambutan kepala bagian Career Center UMBY, Nanda Yunika Wulandari., M.Psi.,Psikolog., kemudian dilanjutkan dengan acara inti yang dipandu oleh Nanda Melania Dewi (Tim Career Center UMBY) sebagai moderator.

Dalam sambutannya, Nanda menyampaikan bahwa acara ini merupakan pelengkap informasi umum yang diperlukan untuk persiapan menghadapi dunia kerja.

“Harapannya adalah peserta memiliki wawasan sehingga menjadi lebih siap dalam menghadapi proses seleksi, baik yang berkaitan dengan seleksi pada program Magang dan Studi Independen Bersertifikat dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari pemerintah yang mana proses seleksi akan dilakukan di bulan Januari 2022 ini, maupun untuk para lulusan yang sedang melakukan proses melamar kerja,” ungkap Nanda.

Berbeda dengan acara sebelumnya, pelaksanaan acara dibagi menjadi 2 sesi. Pada sesi pertama, acara diisi dengan penjelasan mengenai persiapan karir oleh Diah Utari M., M.Psi., Psikolog., dan bedah CV oleh Nur Fachmi Budi S., M.Psi., Psikolog.

Sedangkan pada sesi kedua peserta diberi tips dalam melakukan mengenai wawancara yang efektif menggunakan teknik STAR (Situation, Task, Action, Result) oleh Arrumaisha Fitri., M.Psi., Psikolog., dan penjelasan mengenai Leaderless Group Discussion (LGD) oleh Nanda Yunika Wulandari., M. Psi., Psikolog.

“Pengetahuan yang kalian dapatkan pada rangkaian webinar hari ini bukanlah suatu kekuatan, tapi pengetahuan yang kalian dapatkan akan menjadi kekuatan jika sudah kalian latih dan diaplikasikan secara langsung,” ucap Nanda Yunika saat memberikan kata penutup pada sesi akhir kegiatan rangkaian webinar.

Source : dndsandyra.com
Editor : Widarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.